APLIKASI PENGELOLAAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE HARGA POKOK PROSES (STUDI KASUS: CV BUNGA SANJAYA, CIMAHI, JAWA BARAT)

ANESA BELA PUTRI

Informasi Dasar

19.06.429
338.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

CV Bunga Sanjaya adalah perusahaan manufaktur dibidang tekstil yang memproduksi baju. Perusahaan ini masih menggunakan pencatatan secara manual dalam melakukan proses pendataan terhadap pembukuan dan pencatatan biaya produksi. Hitungan biaya dalam proses produksi, pemilik hanya mengitung dengan perkiraan biaya bahan baku dan gaji pegawai. Biaya yang sesunggguhnya ada biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead. Sesungguhnya, pemilik harus mempertimbangkan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead. Sebaiknya perusahaan harus mencatat biaya produksi dan menghitung dengan benar,agar dalam menentukan harga pokok sesuai dan tidak terlalu tinggi. Dari masalah di atas maka dibangunlah suatu aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk membantu proses pencatatan biaya biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead yang dapat menghasilkan jurnal, buku besar, dan laporan produksi agar dapat dilakukan dan datanya dapat diakses dengan lebih mudah. Dalam melakukan perhitungan biaya produksi aplikasi ini menggunakan metode process costing. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas yaitu mampu mencatat biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead, menhitung biaya produksi, dan menghasilkan laporan dan catatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Entity relationship diagram (ERD). Implementasi yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black box testing. Metode pengerjaan perangkat lunak pada proyek akhir ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC). Kata Kunci: Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja, Biaya Overhead, Biaya Produksi, dan Process Costing.

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

APLIKASI PENGELOLAAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE HARGA POKOK PROSES (STUDI KASUS: CV BUNGA SANJAYA, CIMAHI, JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANESA BELA PUTRI
Perorangan
Irna Yuniar, Fitri Sukmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini