ANANASIHO Jewelry Set (Perancangan Perhiasan Anting Dengan Memanfaatkan Tekstur Kulit Nanas Melalui Metode Pengasapan Ikan)

KIKI WIRANDA

Informasi Dasar

19.04.2801
646.48
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Abstrak Kabupaten Subang merupakan kabupaten yang memiliki kebun nanas yang cukup luas. Masyarakat sekitar biasa mengolah buahnya untuk olahan camilan seperti dodol dan juga wajid. Namun sebagian kecil kulitnya di tumpuk dan campur dengan limbah kulit pisang agar dapat dijadikan pupuk organik. Sedangkan sebagian besarnya limbah yang tidak terpakai dapat mencemari lingkungan. Potensi kulit nanas sebagai material utama yang memiliki tekstur unik untuk dijadikan produk perhiasan sangat tinggi, tujuannya selain mengangkat nama kabupaten Subang, mengolah kulit nanas menjadi produk perhiasan dapat mengurangi limbah organik. Proses eksperimen kulit nanas sebagai material utama untuk sebuah produk perhiasan, target pasarnya yakni wanita dewasa usia 19-35 tahun. Proses penelitian ini, menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui studi literatur, wawancara dan juga kuesioner. Kemudian dalam analisis dengan metode eksperimen material. Penelitian ini untuk menunjukkan pengurangan limbah organik dapat menjadi solusi dari masalah yang telah dipecahkan.

Kata kunci: Limbah Kulit Nanas, Perhiasan, Pengawetan.

Subjek

DESIGN-INDUSTRIAL
 

Katalog

ANANASIHO Jewelry Set (Perancangan Perhiasan Anting Dengan Memanfaatkan Tekstur Kulit Nanas Melalui Metode Pengasapan Ikan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KIKI WIRANDA
Perorangan
Asep Sufyan, Edwin Buyung
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • PDH1H2 - HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini