ANALISIS PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, DISCLOSURE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2017)

PINGKA NADYA ASHARI

Informasi Dasar

19.04.2690
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Opini audit going concern adalah opini audit yang dikeluarkan oleh auditor karena terdapat kesangsian besar mengenai kemampuan entitas dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam periode waktu pantas, tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal laporan keuangan yang sedang di audit. Menurut penjelasan tersebut, opini audit going concern hanya akan dikeluarkan apabila auditor meragukan kemampuan sebuah entitas atau perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor financial distress, disclosure, kepemilikan institusional terhadap penerimaan opini audit going concern. Pengaruh financial distress, disclosure, dan kepemilikan institusional secara simultan terhadap penerimaan opini audit going concern. Serta untuk mengetahui pengaruh financial distress, disclosure, dan kepemilikan institusional secara parsial terhadap penerimaan opini audit going concern. Variabel financial distress pada penelitian ini diproksikan dengan menggunakan metode Altman Z-Score. Variabel disclosure pada penelitian ini diproksikan dengan menggunakan rumus disclosure level guna mengetahui seberapa besar tingkat pengungkapan sebuah perusahaan. Kemudian, variabel kepemilikan institusional pada penelitian ini diproksikan dengan menggunakan rasio kepemilikan sahan intistusional. Populasi dalam penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan komunikasi yang terdaftar pada BEI pada tahun 2014-2017. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 144 sampel selama periode 2014-2017. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik dan pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil pengujian, financial distress, disclosure, dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa variabel financial distress, disclosure, dan kepemilikan institusional berpengaruh secara negatif terhadap penerimaan opini audit going concern.

Kata Kunci : Financial Distress, Disclosure, Kepemilikan Institusional, dan Going Concern.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, DISCLOSURE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PINGKA NADYA ASHARI
Perorangan
Elly Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini