ANALISIS PERFORMANSI TEKNOLOGI TV WHITE SPACE UNTUK LAYANAN VIDEO SURVEILLANCE PADA KEBUTUHAN PUBLIC PROTECTION AND DISASTER RELIEF (PPDR)

MASRIZA KURNIAWAN

Informasi Dasar

19.04.1029
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam kehidupan sehari hari banyak kejadian terjadi, termasuk kejadian yang sebenarnya tidak diharapkan terjadi, seperti bencana maupun kecelakaan. Public Protection and Disaster Relief (PPDR) adalah sistem yang dirancang untuk dapat mengurangi, menanggapi, maupun mengatasi dampak kejadian tersebut. Pada area publik yang mengalami suatu kejadian haruslah sangat cepat direspon dan diatasi, oleh karena itu sistem PPDR di beberapa lokasi dibutuhkan kamera pengawasan untuk layanan video surveillance agar kejadian yang terpantau dapat ditanggapi secara cepat maupun untuk mengatasi beberapa kasus tertentu seperti identifikasi pelaku kejahatan di area public. Layanan video surveillance merupakan layanan yang termasuk dalam kategori prioritas tertinggi dalam aplikasi layanan PPDR, layanan video surveillance juga layanan yang membutuhkan konektivitas broadband dengan kebutuhan kecepatan transmisi minimum 384 Kbps. TVWS (TV White Space) merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi TV Analog yang “kosong” dikarenakan migrasi dari penggunaan TV analog ke TV digital pada pita 470Mhz-740Mhz untuk digunakan sebagai media transmisi data dengan data rate hingga 13.5Mbps di bandwith kanal 5MHz dan bahkan hingga 54Mbps di bandwidth kanal 20MHz dan dapat digunakan sebagai alternatif infrastruktur untuk layanan video surveillance pada aplikasi PPDR. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, penggunaan kanal frekuensi 46 (674 MHz) dengan konfigurasi 5 MHz memberikan hasil perfomansi terbaik untuk layanan video surveillance pada PPDR dengan nilai interarrival delay 3,89 ms dan nilai PLR 0.41% serta throughput tertinggi hingga 6,33 Mbps dari beberapa skenario yang dilakukan dibanding penggunaan kanal frekuensi lain dimana beberapa hasil menunjukan tidak dapat digunakan sama sekali.

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI TEKNOLOGI TV WHITE SPACE UNTUK LAYANAN VIDEO SURVEILLANCE PADA KEBUTUHAN PUBLIC PROTECTION AND DISASTER RELIEF (PPDR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MASRIZA KURNIAWAN
Perorangan
Ahmad Tri Hanuranto, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTH3C3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • TTH4F3 - JARINGAN NIRKABEL
  • TTH4D3 - NEW GENERATION NETWORK
  • TTI2J3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • TTI4B3 - NEW GENERATION NETWORK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini