Supply Chain Management : Perencanaan,Proses dan Kemitraan

Lina Anatan, Lena Ellitan

Informasi Dasar

19.01.242
658.7
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
21

Perkembangan bisnis yang dinamis selama ini membawa dampak pada banyaknya perubahan yang mempengaruhi banyak aspek dalam bisnis, khususnya terkait dengan manajemen operasi. Salah satu isu penting dalam manajemen operasi adalah manajemen rantai pasokan (Supply Chain Management atau SCM). SCM merupakan konsep yang tidak asing khususnya bagi kalangan mahasiswa, akademisi, dan praktisi. Konsep SCM merupakan perkembangan dari manajemen logistik, yang lahir seiring dengan perubahan paradigma persaingan bisnis dari single alone competition menjadi network competition. Kondisi ini menuntut organisasi untuk memfokuskan pada strategi baru melalui pengelolaan koordinasi antar organisasi terkait yang lebih dikenal dengan suatu rantai pasokan.

Masih sedikitnya literatur yang memfokuskan pembahasan tentang manajemen rantai pasokan memotivasi penulis untuk mengangkat tema ”Supply Chain Management: Teori dan Aplikasi” mengingat pentingnya konsep ini diaplikasikan dalam bisnis dan menambah wawasan baik bagi mahasiswa, akademisi, maupun praktisi. Secara rinci penulis mengemuka-kan paradigma persaingan bisnis baru yang dikenal dengan network competition era.

Pada edisi cetakan kedua ini, penulis berusaha memperkaya wawasan pembaca terkait implementasi manajemen rantai pasokan dalam industri manufaktur dengan menambahkan satu hasil penelitian empiris. Penelitian tersebut menguji peran praktik-praktik manajemen rantai pasokan dalam mempengaruhi kinerja rantai pasokan dan peran ketidakpastian lingkungan dalam memperkuat atau memperlemah hubungan antara praktik-praktik manajemen rantai pasokan dan kinerja rantai pasokan. Selain itu, untuk memperkaya pengetahuan terkait perkembangan manajemen rantai pasokan dalam bidang jasa, penulis menambahkan satu topik khusus yang membahas implementasi manajemen rantai pasokan dalam bidang jasa, dan secara spesifik dalam bidang pendidikan. Penulis menilai bahwa topik ini merupakan topik yang menarik untuk dikaji lebih lanjut mengingat selama ini konsep manajemen rantai pasokan lebih dikenal dan diimplementasikan dalam bidang manufaktur.

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
SUPPLY CHAIN, MANAGEMENT

Katalog

Supply Chain Management : Perencanaan,Proses dan Kemitraan
9789798433993
xviii, 234p.: ill.; 24cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Lina Anatan, Lena Ellitan
Perorangan
 
 

Penerbit

Alfabeta
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • KBI4S3 - MANAJEMEN SALURAN DAN DISTRIBUSI
  • IEI3I2 - MANAJEMEN RANTAI PASOK
  • ISI3A3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK
  • EBI3W4 - MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN
  • EBI3D3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK DALAM ERA DIGITAL
  • EBI3D3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK DALAM ERA DIGITAL
  • KBI4C3 - RANTAI PASOK DALAM BISNIS
  • IEI5D3 - RANTAI PASOK STRATEGIS DAN SUSTAINABILITAS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini