Assessment Center: Pedoman Uji Kompetensi Jabatan Pemimpin Tinggi

Jasman J. Ma'ruf

Informasi Dasar

19.01.180
658.311 1
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
18 A

Praktik jual beli jabatan dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berdampak buruk pada kualitas ASN di Indonesia. Tak mengherankan kalau indeks ASN Indonesia saat ini berada pada angka 46, jauh di bawah Malaysia dan Singapura, bahkan masih di bawah Filipina dan Vietnam. Untuk meningkatkan kualitas ASN, tentu kita perlu membenahi sistem seleksi.

Buku ini ditulis berdasarkan UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PP No. 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang secara mendetail mengatur proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), baik mengenai persyaratan, kualifikasi, kompetensi yang diperlukan, maupun mekanisme rekrutmennya. Buku ini mengaplikasikan undang-undang dan peraturan pemerintah tersebut dalam bentuk langkah-langkah konkret agar implementasi rekrutmen dan seleksi terbuka JPT lebih mudah dan memenuhi standar minimum proses seleksi.

Assessment Center merupakan pendekatan untuk mengevaluasi kandidat secara komprehensif dengan menggunakan teknik standar dalam kondisi terkendali. Pendekatan ini menawarkan proses uji kompetensi dengan menggunakan simulasi dan metode yang lebih faktual. Dalam proses seleksi Assessment Center, kandidat mendapat kesempatan untuk menunjukkan kompetensinya dalam beberapa situasi yang berbeda.

Buku yang dilengkapi contoh-contoh nyata pelaksanaan seleksi terbuka ini sangat bermanfaat bagi para asesor atau calon asesor yang membantu panitia seleksi dalam pemilihan para calon pejabat untuk Jabatan Pimpinan Tinggi, baik untuk tingkat Pratama, Madya, maupun Utama.

Subjek

RECRUITMENT AND SELECTION
 

Katalog

Assessment Center: Pedoman Uji Kompetensi Jabatan Pemimpin Tinggi
9786020611785
xxiii, 380p.: il.; 23cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Jasman J. Ma'ruf
Perorangan
 
 

Penerbit

Gramedia
Jakarta
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini