ANALISIS PEMINAT APLIKASI CINEMA 21 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) (STUDI KASUS PENGGUNA DI BANDUNG)

ALNO HENDRAWAN

Informasi Dasar

18.04.2371
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Inovasi teknologi telekomunikasi dan informatika yang terus berkembang semakin mempermudah mobilitas setiap individu dan mampu memberikan manfaat bagi kehidupan mereka dalam bersosialisasi dan menyelesaikan masalah sehari-hari. Cineplex 21 Group telah mengambil langkah yang tepat dalam menghadapi kondisi tersebut, yaitu dengan mengembangkan layanan pemesanan tiket berbasis teknologi mobile berupa aplikasi Cinema 21. Saat ini Cinema 21 merupakan aplikasi yang menempati urutan pertama dalam kategori lifestyle dan juga sebagai aplikasi gratis di App Store. Namun, Cinema 21 hanya memperoleh rating yang rendah dari penggunanya, dikarenakan masih banyaknya masalah minat penggunaan dari pengguna berupa keluhan yang menyatakan bahwa dirinya kecewa atas pembaharuan versi yang baru saja dirilis pada Maret 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan perilaku individu dalam menghadapi inovasi teknologi denganakan model UTAUT (menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel performance expectation, effort expectation, social influence, perceived risk, dan perceived cost terhadap variabel behavioral intention dan use behavior, serta pengaruh variabel behavioral intention terhadap use behavior. Anteseden variabel behavioral intention dan konsekuensinya terhadap variabel use behavioral membentuk Structural Equation Model (SEM) dan dipecahkan dengan program aplikasi LISREL versi 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara effort expectation dan perceived cost terhadap behavioral intention. Kemudian, behavioral intention dan perceived risk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap use behavior. Keseluruhan model pada penelitian ini fit dengan data. Saran yang dapat diberikan bagi penyedia aplikasi Cinema 21 yaitu diharapkan agar dapat mengurangi biaya administrasi, meningkatkan performansi dan layanan pada aplikasi, dan meningkatkan strategi pemasaran terhadap aplikasi Cinema 21. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan agar dapat menambahkan indikator atau variabel lain, seperti pengaruh variabel efek moderasi dan metode kausal (sebab-akibat) agar dapat mengetahui secara pasti penyebab atau alasan mengapa suatu variabel tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, diharapkan agar dapat memperbesar jumlah sampel agar hasil yang diperoleh lebih representatif.

Kata kunci: cinema 21; UTAUT; structural equation model

Subjek

MANAGEMENT MARKETING
 

Katalog

ANALISIS PEMINAT APLIKASI CINEMA 21 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) (STUDI KASUS PENGGUNA DI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALNO HENDRAWAN
Perorangan
TEGUH WIDODO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • SM332013 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini