Aplikasi Manajemen Ritel dan Pembagian Penerimaan Jasa Koperasi (Studi Kasus di KPRI Rukun Makmur di SMK Negeri 1, Magelang)

MOCHAMAD RAMDHANI LUKMAN

Informasi Dasar

18.06.463
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak - SMK Negeri 1 Magelang adalah sebuah sekolah pendidikan kejuruan yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Pada SMK 1 Magelang terdapat sebuah koperasi yang bernama KPRI Rukun Makmur. Koperasi ini berjenis koperasi pegawai yang memiliki dua unit usaha, yaitu Unit Simpan Pinjam dan Unit Pejualan. Setiap transaksi yang terjadi pada unit penjualan masih dicatat secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel. Pencatatan yang dilakukan secara manual seringkali menyebabkan kesalahan dalam pencatatan transaksi sehingga dapat mempengaruhi Pembuatan laporan keuangan. Penilitian ini memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi di koperasi dengan cara membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu koperasi dalam menjalankan proses bisnis yang dilakukan pada unit koperasi penjualan. Fungsionalitas yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah Pembelian Tunai, Pembelian Kredit, Penjualan Tunai, Penjualan Kredit, Pembayaran Utang, Pembayaran Piutang, Jurnal umum, Buku Besar, Neraca Saldo, Arus Kas, dan Pembagian Penerimaan Jasa untuk unit Simpan Pinjam dan Unit Pertokoan. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan tipe waterfall. Berdasarkan pengujian yang dilakukan. Aplikasi sudah dapat diimplementasikan dan aplikasi sudah lolos uji.

Kata Kunci-koperasi;pembagian jasa;aplikasi berbasis web; framework CI

Subjek

ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

Aplikasi Manajemen Ritel dan Pembagian Penerimaan Jasa Koperasi (Studi Kasus di KPRI Rukun Makmur di SMK Negeri 1, Magelang)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD RAMDHANI LUKMAN
Perorangan
Griselda Ayu Ratnadewati, Griselda Ayu Ratnadewati, Fitri Sukmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini