ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN EVALUATE, DIRECT AND MONITOR (EDM) DAN ALIGN, PLAN, AND ORGANIZE (APO) (STUDI KASUS : PT. XYZ)

FADHIL PRATAMA

Informasi Dasar

18.04.2218
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berfokus pada bidang manufaktur meliputi design, development, enginerring, produksi dan maintenance. PT XYZ berperan sebagai produsen peralatan pertahanan dan keamanan serta peralatan-peralatan industrial untuk mendukung pembangunan nasional khususnya untuk mendukung pertahanan dan keamanan Negara. PT XYZ terus dituntut untuk meningkatkan daya saingnya melakui peningkatan kinerja untuk bersaing dengan pesaing era global. Peranan teknologi informasi dalam menunjang sistem operasional dan manajerial di PT XYZ sangat penting. Hal tersebut dikarenakan terus berkembangnya teknologi informasi. Saat ini PT XYZ terus melakukan perbaikan terhadap tata kelola perusahaan untuk mencapai Good Corporate Governance untuk mencapai tujuannya tersebut. Sebagai perusahaan BUMN PT XYZ juga diwajibkan untuk mempunyai tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan peraturan PER-02/MBU/2013 yang berisi bahwa agar teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara optimal, terukur, terarah dan memenuhi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG). Saat ini PT XYZ sudah menerapkan COBIT 4.1 untuk sistem tata kelola teknologi informasi. Untuk mencapai tujuan dan sasaran berdasarkan peraturan PER-02/MBU/2013 maka PT XYZ ingin melakukan pembaharuan terhadap sistem tata kelola teknologi informasi. Pada penelitian ini kerangka kerja yang digunakan adalah COBIT 5 yang merupakan pembaharuan dari COBIT 4.1. COBIT 5 mendefinisikan model referensi proses yang baru dengan tambahan domain governance dan beberapa proses baik yang sama sekali baru ataupun modifikasi proses lama serta mencakup aktifitas organisasi secara end-to-end. COBIT 5 juga dimutakhirkan untuk menyelaraskan dengan best practices yang ada seperti ITIL v3 2011 dan TOGAF. Penelitian ini akan dilakukan pada domain Evaluate, Direct and Monitor (EDM) dan Align, Plan and Organize (APO) dengan fokus pada proses EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance, EDM05 Ensure Stakeholder Transparency, APO01 Manage the IT Management Framework, APO03 Manage Enterprise Architecture, dan APO10 Manage Supplier. Diharapkan hasil dari perancangan tata kelola TI dapat diterapkan dengan baik pada PT XYZ dalam menerapkan praktik tata kelola teknologi informasi dan mencapai tujuan serta sasaran yang ingin dicapai.

Kata Kunci : COBIT 5, Tata Kelola Teknologi Informasi, Seven Enabler, EDM, APO

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN EVALUATE, DIRECT AND MONITOR (EDM) DAN ALIGN, PLAN, AND ORGANIZE (APO) (STUDI KASUS : PT. XYZ)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHIL PRATAMA
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4W3 - MANAJEMEN DATA ENTERPRISE
  • ISH4U3 - MANAJEMEN RESIKO DAN KEAMANAN INFORMASI
  • ISH4C3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4V3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4D3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISI4P3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini