ANALISIS DETERMINAN AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan di Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

FADILA UTAMI

Informasi Dasar

18.04.1551
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pada umumnya perusahaan yang telah go public akan menerbitkan laporan keuangan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, masih terdapat beberapa perusahaan yang mengalami keterlambatan dalam menerbitkan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay antara lain Profitabilitas, Leverage, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Reputasi KAP pada Perusahaan sektor pertambangan yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 30 perusahaan dengan periode penelitian pada tahun 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Profitabilitas, Leverage, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Reputasi KAP berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay. Sedangkan secara parsial Leverage dan Reputasi KAP berpengaruh positif signifikan terhadap Audit Delay, Profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Delay. Sedangkan Kompleksitas Operasi Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Audit Delay. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Penulis ingin memberikan saran agar memperhatikan pengelolaan manajemen dalam mencapai keuntungan, tingkat hutang serta perhatikan dalam pemilihan KAP big four / non big four. Dan yang terakhir disarankan untuk mempertahankan penyesuaian sumber daya manusia yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan yang cenderung kompleks atau memiliki banyak anak perusahaan, karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya keterlambatan penyampaian laporan keuangan.

Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Reputasi KAP, Audit Delay

Subjek

AUDITING
 

Katalog

ANALISIS DETERMINAN AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan di Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADILA UTAMI
Perorangan
Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3C3 - AUDITING I
  • ACH3K4 - AUDITING II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini