Pengaruh Strategi Positioning terhadap Keputusan Pemasangan Iklan (Studi di Radio MQ FM Bandung)

Fitriani Rahman

Informasi Dasar

S.779
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya jumlah pengeluaran belanja iklan media radio (RADEX) dibandingkan dengan jumlah pengeluaran media keseluruhan (ADEX). Besaran RADEX yang sedikit tersebut, harus diperebutkan oleh banyak stasiun radio, hal itu menimbulkan terjadinya persaingan ketat antar stasiun radio untuk mendapatkan pemasang iklan. Positioning yang dilakukan oleh stasiun radio diharapkan mampu membuat para pemasang iklan memilih stasiun radio tertentu yang lebih unggul dari pesaing dalam rangka memenuhi kebutuhan memasang iklan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan pemasang iklan mengenai strategi positioning berdasarkan konsep attribute positioning yang dilakukan oleh stasiun radio; mengetahui tanggapan pemasang iklan mengenai keputusan pemasangan iklan di stasiun radio berdasarkan kriteria evaluasi media selection; mencari tahu pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pemasangan iklan; dan membuktikan hipotesis bahwa terdapat pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pemasangan iklan. Objek penelitian ini adalah stasiun radio MQ FM Bandung, dan unit analisisnya adalah pemasang iklan di radio MQ FM Bandung kategori organisasi/perusahaan.

Metode penelitian yang digunakan adalah survey explanatory dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sejumlah 60 responden dari populasi 147 responden pemasang iklan kategori organisasi/perusahaan di radio MQ FM Bandung selama bulan Februari – Desember 2010.

Hasil pengumpulan data melalui instrumen kuesioner dianalisis menggunakan analisis Rank Order, korelasi Pearson Product Moment (r), koefisien determinan (r2) dan hipotesis diuji menggunakan uji signifikansi t dua arah dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil pengolahan data, didapatkan nilai (r) sebesar 0,714 yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi kuat-positif antar variabel, sedangkan besarnya kontribusi pengaruh variabel strategi positioning terhadap keputusan pemasangan iklan adalah sebesar 50,98% sisanya sebesar 49,02% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara strategi positioning terhadap keputusan pemasangan iklan.

Kata Kunci : Positioning, Attribute Concept, Iklan, Radio, Media Selection

Subjek

MARKETING STRATEGY
MARKETING STRATEGY, ADVERTISING

Katalog

Pengaruh Strategi Positioning terhadap Keputusan Pemasangan Iklan (Studi di Radio MQ FM Bandung)
 
xii, 72p.: il.; 21cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Fitriani Rahman
Perorangan
Prodi MBTI
 

Penerbit

IM Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini