Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Kualitas Jasa Indosat Multimedia Mobile (IM3) Tahun 2011 (Studi pada Mahasiswa Sekolah Manajemen Telekomunikasi Media Institut Manajemen Telkom Bandung)

Rivan A. Noor

Informasi Dasar

S.762
658.562
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan yang ketat dalam industri telekomunikasi seluler menyebabkan operator berlomba adu strategi untuk merebut hati pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan. Kepuasan pelanggan akan lahir karena kualitas pelayanan yang baik. Namun terdapat beberapa keluhan yang dialami oleh pelanggan Indosat Multimedia Mobile (IM3) yang diperoleh dari hasil observasi surat pembaca. Dalam hal ini diperlukan sebuah analisis yang menyeluruh untuk mengetahui mengenai kepuasan konsumen terhadap kualitas suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas jasa, tingkat kepuasan konsumen, dan prioritas perbaikan kualitas jasa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan IM3 pada mahasiswa Sekolah Manajemen Telekomunikasi Media - Institut Manajemen Telkom, Bandung. Penelitian ini menganalisis Service Quality (kualitas jasa) untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Terdapat 5 dimensi dalam ServQual yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Untuk mengetahui item pelayanan yang menjadi kebutuhan pelanggan dan untuk mengukur kinerja item tersebut digunakan metode Importance-Performance Amalysis (IPA). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap tingkat kualitas jasa, maka kualitas jasa IM3 termasuk dalam kategori memuaskan tapi terdapat 11 dari 16 item yang dibawah rata-rata kinerja total (2.87). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap tingkat kepuasan pelanggan, maka tingkat kepuasannya termasuk dalam kategori sangat memuaskan. Berdasarkan metode IPA terdapat 5 item (P.2, P.4, P.5, P.12, dan P.15) yang masuk ke Kuadran II (Concentrate here), yang artinya kelima item tersebut yang dijadikan prioritas untuk diperbaiki.

Kata kunci : Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan, IPA

Subjek

SERVICE MANAGEMENT-QUALITY
SERVICE MANAGEMENT-QUALITY, CONSUMER SATISFACTION

Katalog

Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Kualitas Jasa Indosat Multimedia Mobile (IM3) Tahun 2011 (Studi pada Mahasiswa Sekolah Manajemen Telekomunikasi Media Institut Manajemen Telkom Bandung)
 
xiv, 83p.: il.; 21cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Rivan A. Noor
Perorangan
Prodi MBTI
 

Penerbit

IM Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini