MODEL TEKNO EKONOMI PADA PERENCANAAN DAN RANCANG BANGUN TEKNOLOGI KOMUNIKASI UNTUK EARLY WARNING SYSTEM (EWS) PADA SISTEM PUBLIC PROTECTION AND DISASTER RELIEF (PPDR)

AIDIL AFDAN PANANRANG

Informasi Dasar

18.04.455
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan negara rawan bencana. Kerugian akibat buruknya sistem Public Protection and Disaster Relief (PPDR) di Indonesia mencapai $125,569 milyar atau sekitar 1.632 Triliun Rupiah [1]. Angka kerugian ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia. Sehingga harus dilakukan upaya untuk mereduksi kerugian bencana dengan sistem deteksi dini. Pada penelitian ini sistem deteksi dini dirancang menggunakan Wireless Sensor Network (WSN), lalu hubungan antara jumlah Sensor Node terhadap biaya akan dianalisa menggunakan Nett Present Value (NPV) untuk pengimplementasian di beberapa level wilayah tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dengan kategori green alert level dan yellow alert level (dengan estimasi kerugian minimum) tidak layak untuk pengimplementasian sistem PPDR dikarenakan menghasilkan NPV yang negatif, sedangkan pada wilayah dengan yellow alert level (estimasi kerugian maksimum), orange alert level, dan red alert level layak untuk pengimplementasian sistem PPDR karena menghasilkan NPV yang positif

Kata Kunci : PPDR, WSN, Bencana, Sensor, Tekno-ekonomi

Subjek

NETWORK
 

Katalog

MODEL TEKNO EKONOMI PADA PERENCANAAN DAN RANCANG BANGUN TEKNOLOGI KOMUNIKASI UNTUK EARLY WARNING SYSTEM (EWS) PADA SISTEM PUBLIC PROTECTION AND DISASTER RELIEF (PPDR)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AIDIL AFDAN PANANRANG
Perorangan
Ahmad Tri Hanuranto, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TTG4H3 - JARINGAN MASA DEPAN DAN LTE
  • TTG4G3 - JARINGAN NIR KABEL
  • TT2123 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI
  • FEG2E3 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI DAN INFORMASI
  • FEG4A2 - PROPOSAL TUGAS AKHIR DAN SEMINAR
  • TTG6M2 - REGULASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
  • TTG4F3 - REKAYASA JARINGAN
  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini