ANALISIS PERSISTENSI KINERJA REKSA DANA SAHAM DI INDONESIA (STUDI PADA REKSA DANA SAHAM DI BAPEPAM-LK PERIODE 2008-2012)

ELFRIDA ARUM SEKARINGTYAS

Informasi Dasar

17.04.4054
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Reksa dana dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam berinvestasi. Salah satu reksa dana yang banyak diminati oleh investor adalah reksa dana saham. Dalam menentukan reksa dana yang layak dijadikan investasi, perlu dilakukan penilaian terhadap kinerja reksa dana dan mengetahui adanya konsistensi kinerja reksa dana sehingga akan memberikan keuntungan bagi investor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kinerja reksa dana saham di Indonesia dari tahun 2008 hingga 2012 berdasarkan return reksa dana dan indeks Sharpe, (2) menganalisis persistensi kinerja reksa dana saham, dan (3) mengetahui peringkat reksa dana saham yang terbaik dan layak dijadikan investasi. Objek dalam penelitian ini adalah reksa dana saham konvensional dan telah terdaftar di Bapepam-LK selama tahun 2008-2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan mengunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 32 reksa dana saham konvensional. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui persistensi kinerja reksa dana saham adalah analisis hubungan dengan pendekatan tabel kontingensi 2x2 dan metode statistik non parametrik chi squared model continuity correction. Berdasarkan hasil penelitian ini, baik penilaian kinerja menggunakan return reksa dana maupun indeks Sharpe bahwa rata-rata kinerja reksa dana saham gabungan underperform terhadap kinerja pasar (IHSG). Pengujian persistensi terhadap kinerja reksa dana saham diperoleh hasil bahwa terdapat persistensi kinerja reksa dana saham selama tahun 2008-2012 berdasarkan return reksa dana (6,483 > 3,841) dan berdasarkan indeks Sharpe (6,160 > 3.841). Peringkat reksa dana saham terbaik berdasarkan return reksa dana dan indeks Sharpe diperoleh oleh Panin Dana Prima karena tergolong winner selama lima tahun. Sehingga reksa dana saham Panin Dana Prima dapat dijadikan pilihan untuk berinvestasi di tahun berikutnya.

Kata kunci: reksa dana saham, persistensi, return reksa dana, indeks Sharpe

Subjek

MANAGEMENT OF INVESTMENT
 

Katalog

ANALISIS PERSISTENSI KINERJA REKSA DANA SAHAM DI INDONESIA (STUDI PADA REKSA DANA SAHAM DI BAPEPAM-LK PERIODE 2008-2012)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELFRIDA ARUM SEKARINGTYAS
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini