Desain dan Analisa Teknik Web Crawling Untuk Pencarian Berita Online Terhadap Keluhan Produk dan Layanan Pelanggan Telkom

IMAN SUSILO

Informasi Dasar

17.04.4014
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Unit Public Relation PT Telkom bertanggung jawab dalam penyusunan program-program komunikasi dan pendokumentasian informasi dengan memonitor artikel pemberitaan di media cetak maupun media online. Namun metode monitoring berita online selama ini dilakukan secara manual menggunakan Google Search sehingga perlu diubah. Teknik Web Crawling didesain agar lebih cepat dan efektif.

Pemilihan dan implementasi teknik ini perlu diteliti untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas aplikasi Web Crawling. Penelitian memakai instrumen kuisioner melalui penyebaran survei secara online.

Pengelompokan komponen pernyataan kuisioner memakai Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & Mclean Diperbarui yaitu System Quality, Information Quality, Service Quality, Use, User Satisfaction, dan Net Benefits. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dimana data dan diolah dan diukur menggunakan skala Likert untuk menentukan tingkat penilaian mereka terhadap masing-masing pernyataan.

Hasil penelitian : berdasarkan pengolahan data dari penilaian responden terhadap indikator-indikator penelitian, nilai Kualitas Sistem yang menjadi variabel penelitian memiliki jumlah rata-rata 114,60, Kualitas Informasi (114,80), Penggunaan (109,33) dan Kepuasan Pengguna (113) dideskripsikan Sangat Baik dalam skala rasio penilaian skor responden. Sementara jumlah nilai rata-rata Keuntungan Bersih adalah 108 yang berarti Baik dalam skala rasio.

Kesimpulan : responden menilai kualitas Sangat Baik untuk variabel Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Penggunaan, dan Kepuasan Pengguna. Sementara kualitas variabel Keuntungan Bersih dinilai Baik oleh responden. Secara umum aplikasi memiliki pengaruh yang Sangat Baik bagi para pengguna berdasarkan total skor nilai responden terhadap kualitas aplikasi.

Kata kunci : Web Crawling, Likert, User Satisfaction, efektif, Public Relation

Subjek

Web search engines
 

Katalog

Desain dan Analisa Teknik Web Crawling Untuk Pencarian Berita Online Terhadap Keluhan Produk dan Layanan Pelanggan Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMAN SUSILO
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Andry Alamsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IFG444 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini