ANALISIS BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING (STUDI KAJIAN PADA PERUSAHAAN JASA DI BURSA EFEK INDONESIA)

WIDA NUR MASITOH

Informasi Dasar

17.04.3890
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris ukuran Kantor Akuntan Publik, ¬opini audit, pergantian manajemen,  financial distress, dan persentase perubahan Return on Assets  terhadap auditor switching. Auditor switching merupakan suatu pergantian KAP yang dilakukan oleh perusahaan yang menggunakan jasa audit atas laporan keuangan. Pergantian KAP yang dilakukan oleh perusahaan secara voluntary disebabkan dari dua sisi, yaitu dari sisi klien (perusahaan) dan dari sisi auditor eksternal. 
 Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif verifikatif dan bersifat kausalitas. Unit analisis penelitian ini adalah perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2008 sampai tahun 2010. Data yang digunakan adalah data sampel dengan teknik sampel berupa purposive sampling method dan diperoleh sebanyak 45 perusahaan jasa yang menjadi sampel penelitian ini. Metode analisis statistik yang digunakan adalah metode regresi logistik (logistic regression) dengan alasan variabel dependen bersifat dikotomi (melakukan dan tidak melakukan auditor switching) dan variabel bebas merupakan kombinasi antara variabel kontiyu (metrik) dan kategorial (non-metrik).     
 Hasil penelitian ini menunjukkan variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independennya sebesar 20,5% dan sisanya sebesar 79,5% dijelaskan oleh variabel independen lain diluar model. Variabel independen yang mempengaruhi auditor switching adalah ukuran KAP. Sedangkan, variabel independen lainnya yaitu ¬opini audit, pergantian manajemen, financial distress, dan persentase perubahan ROA tidak berpengaruh terhadap auditor switching.

Kata kunci: Auditor Switching, Ukuran KAP, opini audit, pergantian manajemen, financial distress, dan persentase perubahan ROA.

Subjek

AUDITOR
 

Katalog

ANALISIS BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING (STUDI KAJIAN PADA PERUSAHAAN JASA DI BURSA EFEK INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDA NUR MASITOH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini