ANALISIS PERAWATAN DAN EFEKTIVITAS PADA MESIN VIBRO DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII KEBUN CIATER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN COST OF UNRELIABILITY (COUR)

WILLIAMARSHALL MALTA

Informasi Dasar

17.04.3499
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Perkebunan Nusantara VIII Kebun Ciater merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Teh Hitam Orthodox di Indonesia yang terletak di daerah Ciater, Bandung. Mesin Vibro merupakan mesin yang berada di ruang sortasi dengan tingkat kerusakan tertinggi sehingga mesin tidak bekerja secara optimal. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan preventive maintenance pada ruang dan mesin tersebut. Metode yang digunakan dalam perbaikan mesin Vibro adalah Overall Equipment Effectiveness (OEE) untuk menentukan kinerja dan efektivitas dari mesin, serta metode Cost of Unreliability (COUR) untuk menentukan besarnya biaya kerugian yang ditimbulkan dari kerusakan mesin tersebut. Selanjutnya dilakukan analisis The Six Big Losses untuk menentukan faktor apa saja yang dapat menyebabkan nilai OEE menjadi rendah. Berdasarkan metode OEE, nilai efektivitas mesin Vibro sebesar 74,46% di tahun 2015 dan 51,27% di tahun 2016. Menurunnya efektivitas mesin Vibro membuat nilai OEE pada mesin Vibro menjadi tidak memenuhi standar kriteria JIPM yaitu 85%. Berdasarkan metode COUR, besar kerugian yang ditanggung oleh perusahaan dalam perbaikan dan perawatan total sebesar Rp 141.600.000,- pada tahun 2015 dan Rp 167.164.920,- pada tahun 2016. Berdasarkan perhitungan dengan analisis Six Big Losses, kerugian terbesar adalah Idling and Minor Stoppage yang disebabkan oleh perbedaan produksi yang sangat jauh.

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PERAWATAN DAN EFEKTIVITAS PADA MESIN VIBRO DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII KEBUN CIATER MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN COST OF UNRELIABILITY (COUR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WILLIAMARSHALL MALTA
Perorangan
Nurdinintya Athari S, Fransiskus Tatas D. A
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini