Analisis Narasi Tzvetan Todorov pada Film Sokola Rimba (Pendekatan Nick Lacey dan Gillespie dalam Film Adaptasi Novel Sokola Rimba)

SITI SHADRINA AZIZATY

Informasi Dasar

17.04.3494
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Film merupakan salah satu media komunikasi massa yang menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dengan mudah dan cepat melalui audio visual. Film tidak hanya berasal dari hasil karya penulis skenario atau sutradara, namun juga dapat berasal dari buku ataupun kisah nyata yang pernah terjadi sehingga dapat divisualisasikan ke dalam film yang berisikan skenario adaptasi. Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata dan diadaptasi untuk diceritakan kembali memiliki penyesuaian yang akan mempengaruhi unsur naratif sebagai unsur pembentuk film yang berkaitan dengan aspek cerita, tokoh, masalah, waktu, lokasi dan lainnya. Salah satunya film Sokola Rimba yang berdasarkan kisah nyata Butet Manurung yang memberikan pendidikan untuk orang rimba di hutan Bukit Dua Belas, Jambi yang sebelumnya telah ditulis dalam buku. Penelitian ini berjudul ”Analisis Narasi Tzvetan Todorov pada Film Sokola Rimba (Pendekatan Nick Lacey dan Gillespie dalam Film Adaptasi Novel Sokola Rimba)” menggunakan metode penelitian kualitatif naratif dengan analisis naratif dari Tzvetan Todorov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 5 elemen struktur naratif pada film ini yang meliputi equilibrium, disruption, recognition disruption, attempt to repair the disruption, dan reinstatement of the equilibrium. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana struktur naratif dari tahap awal hingga akhir meliputi equilibrium, disruption, recognition disruption, attempt to repair the disruption, dan reinstatement of the equilibrium. Hasil penelitian yang diperoleh adalah film Sokola Rimba ini menggunakan alur yang lebih modern dan tidak terpaku dengan alur tradisional yang dijabarkan oleh Tzvetan Todorov karena terdapat pengulangan disruption, recognition disruption, dan attempt to repair the disruption. Selain itu, terdapat unsur mise en scene yang mendukung naratif dalam membangun suasana pada film.

Kata kunci : Film, Analisis Naratif, Struktur Naratif, Tzvetan Todorov, Biografi

Subjek

FILM
 

Katalog

Analisis Narasi Tzvetan Todorov pada Film Sokola Rimba (Pendekatan Nick Lacey dan Gillespie dalam Film Adaptasi Novel Sokola Rimba)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI SHADRINA AZIZATY
Perorangan
Idola Perdini Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini