Deteksi Anak Hilang Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Bluetooth Sebagai Alat komunikasi

Dyah Ayu Kusumawardani

Informasi Dasar

611110012
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Keamanan dan keselamatan anak merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap orangtua. Bahaya yang mengancam anak bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Maka dari itu mendorong penulis untuk menciptakan sebuah inovasi yang aplikatif dan memberi keamanan yang lebih dalam hal pengawasan anak.
Inovasi tersebut diwujudkan dengan membuat sebuat alat yang dapat membantu para orangtua dalam mengawasi anaknya. Sebuah alat mikrokontroler menggunakan kontrol bluetooth yang dilengkapai dengan gps akan dipasangkan pada anak. Dan di sisi orangtua menggunakan handphone android yang dilengkapi sebuah aplikasi yang akan mengubungkan anatara bluetooth handphone dengan bluetooth mikrokontroler. Sehingga orangtua dapat mengetahui ketika anak mereka sudah pergi sejauh jarak maksimal jangkaun bluetooth. Dan dengan bantuan GPS dapat menegtahui posisi terakhir keberadaan anak sebelum koneksi antar bluetooth terputus.
Pada penelitian ini telah didapatkan hasil pengujian konektifitas interface bluetooth antara perangkat mikrokontroler dengan android didapatkan hasil pengukuran yaitu pada kondisi NLOS, jarak maksimumnya adalah 40 meter dan 50 meter pada kondisi LOS. Berdasarkan pengujian alat terdapat selisih nilai jarak kedua device antara kondisi yang sebenarnya dengan yang dimunculkan pada aplikasi. Pengujian pada jarak 0 meter rata-rata selisihnya 4,38 meter, pada jarak 10 meter rata-rata selisihnya 5,73 meter, pada jarak 20 meter rata-rata selisihnya 4,75 meter, pada jarak 30 meter rata-rata selisihnya 4,40 meter, pada jarak 40 meter selisihnya 4,69 meter, dan pada jarak 50 meter selisihnya 5,27 meter.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

Deteksi Anak Hilang Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Bluetooth Sebagai Alat komunikasi
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dyah Ayu Kusumawardani
Perorangan
Junartho Halomoan, ST.,MT , Unang Sunarya,ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini