ANALISIS LITERASI KEUANGAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM

AGATHA DESSY PARAMITA

Informasi Dasar

17.04.3305
332.024
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gaya hidup yang dijalani remaja sekarang sangat dipengaruhi oleh pengeluaran terhadap kebutuhan tren. Seperti memiliki gadget lebih dari satu dan hanya untuk gaya atau gengsi semata, berani melakukan kredit diluar batas kemampuan, nongkrong yang sudah menjadi kegiatan rutin, perasaan meremehkan uang dan perasaan ingin meniru karena terpengaruh dengan hal-hal baru. Berdasarkan survei OJK, literasi keuangan pelajar sendiri baru sekitar 28%. Jika tidak dibekali dengan pengetahuan dasar terkait keputusan keuangan atau literasi keuangan, maka akan sulit untuk menghindari pemborosan.

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari sub-sub variabel financial attitude, financial behavior dan financial knowledge terhadap financial literacy. Variabel laten pada penelitian ini adalah financial literacy. Sedangkan variabel manifes adalah financial attitude, financial behaviour dan financial knowledge.

Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner online yang disebarkan melalui sosial media. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Telkom University. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan sampel sebanyak 379 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM).

Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa financial attitude memiliki pengaruh sebesar 87,3%, financial behaviour memiliki pengaruh sebesar 72,5% dan financial knowledge memiliki pengaruh sebesar 55,4% terhadap financial literacy.

Kata Kunci: Financial Literacy, Financial Attitude, Financial Behavior, Financial Knowledge, Mahasiswa.

Subjek

FINANCE PERSONAL
 

Katalog

ANALISIS LITERASI KEUANGAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGATHA DESSY PARAMITA
Perorangan
Andrieta Shintia Dewi, Tieka Trikartika Gustyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini