FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN TERHADAP IMPLEMENTASI ERP PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS TERHADAP UKM FASHION DI BANDUNG TAHUN 2017)

RAFLY ALVIN HIDAYAT

Informasi Dasar

17.04.3288
006.22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keberhasilan implementasi sistem ERP dapat memberikan peningkatan dalam hal efektivitas dan efisiensi operasi bisnis pada perusahaan. Di sisi lain, proyek implementasi sistem ERP pada UKM merupakan proyek yang berisiko tinggi dengan ancaman kebangkrutan jika gagal dalam pelaksanaannya. Maka dari itu, perlu dilakukan analisis awal mengenai faktor-faktor kritis yang dapat meningkatkan keberhasilan dari proses implementasi sistem ERP. Variabel independen pada penelitian ini adalah dukungan manajemen puncak, proyek manajemen yang efektif, business process reengineering, pemilihan hardware dan software, Pendidikan dan pelatihan, serta dukungan vendor. Variabel dependen penelitian ini adalah keberhasilan implementasi ERP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSF terhadap keberhasilan implementasi ERP pada UKM Fashion di Bandung yang terdaftar di Kamar Dagang Industri Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dengan teknik survey dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel objek penelitian. Dengan menggunakan sampel sensus, diperoleh 34 responden sebagai pengguna ERP. Data diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor kunci terhadap keberhasilan implementasi. Sedangkan secara parsial faktor dukungan manajemen puncak, proyek manajemen yang efektif, business process reengineering, pemilihan hardware dan software, dukungan vendor tidak berpengaruh. Namun faktor pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi ERP. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas sampel penelitian atau Menambah variabel lain agar mendapatkan hasil yang lebih komprehensif. Bagi UKM di Bandung disarankan untuk memperdalam pada pendidikan dan pelatihan penggunaan sistem ERP, demi menunjang kinerja terkait implementasi ERP sehingga keberhasilan implementasi ERP akan semakin meningkat.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN TERHADAP IMPLEMENTASI ERP PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS TERHADAP UKM FASHION DI BANDUNG TAHUN 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFLY ALVIN HIDAYAT
Perorangan
Sri Rahayu, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini