ANALISIS DETERMINAN AUDIT REPORT LAG (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

GILANG SATRYA RAMADHAN

Informasi Dasar

17.04.3280
657.452
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Emiten atau perusahaan publik wajib menyampaikan laporan keuangan tahunan tepat waktu, sehingga pihak yang memanfaatkan laporan keuangan dapat memanfaatkannya dalam pengambilan keputusannya dengan baik. Ketepatan penyampaian laporan keuangan berhubungan dengan lamanya proses audit dimulai sejak tutup buku perusahaan dalam masa periode akuntansi hingga audit eksternal menandatangani hasil audit (audit report lag). Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran untuk mengetahui pengaruh variabel leverage, ukuran perusahaan, kualitas audit dan accounting result baik secara simultan maupun parsial terhadap variabel audit report lag. Penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Jumlah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2011-2015 yang masuk sebagai daftar populasi adalah sebanyak 143 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah sampling nonprobabilitas jenis purposive sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang dilakukan, maka diambil sampel sebanyak 110 perusahaan. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS V.22. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil kombinasi antara leverage, ukuran perusahaan, kualitas audit dan accounting result berpengaruh secara simultan dan dapat menjelaskan variabel dependen audit report lag sebesar 33.3%, sedangkan sisanya yaitu 66.7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian yang tidak dilibatkan dalam model ini. Melalui pengujian secara parsial didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa variabel leverage tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap audit report lag. Variabel kualitas audit berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap audit report lag, dan accounting result berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap audit report lag.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

ANALISIS DETERMINAN AUDIT REPORT LAG (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GILANG SATRYA RAMADHAN
Perorangan
Majidah, Eddy Budiono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini