APLIKASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE PERPETUAL FIFO, SERTA PENGELOLAAN TRANSAKSI PENJUALAN OBAT SECARA TUNAI (STUDI KASUS DI APOTEK BUNDAKU, BANDUNG)

YOGA DWI GUSTIANA SM

Informasi Dasar

17.06.660
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Apotek Bundaku merupakan perusahaan dagang, dimana perusahaan ini menjual obat-obatan. Proses penjualan obat di Apotek Bundaku sudah menggunakan aplikasi, yaitu aplikasi penjualan obat Apotek Bundaku. Akan tetapi, aplikasi tersebut mempersulit pegawai pada saat menggunakan aplikasi karena sering terjadi eror atau kesalahan pada aplikasi misalkan pada saat proses transaksi penjualan sering terjadi ketidak sesuaian pada database, data obat yang sudah terjual seringkali tidak mengurangi kuantitas obat pada database, kemudian aplikasi tersebut tidak menangani harga pokok penjualan, harga pokok pejualan obat dihitung secara manual dengan menghitung 20 % dari data pembelian obat, kemudian laporan yang dihasilkan hanya laporan penjualan sehingga pemilik kesulitan untuk mengetahui untung ruginya perusahaan. Dengan permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi perhitungan harga pokok penjualan menggunakan metode perpetual first in, first out (FIFO) dan transaksi penjualan obat secara tunai bertujuan untuk membantu pengguna dalam proses penjualan sehingga data penjualan obat yang sudah keluar dapat mengurangi kuantitas didalam database. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah model prototipe dan untuk perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi yang dibangun berbasis web dengan dengan bahasa permrograman php dengan menggunakan framework CodeIgniter dan basis data MySQL. Aplikasi tersebut juga menghasilkan jurnal, buku besar, neraca saldo dan laporan laba rugi. Kata Kunci: Penjualan obat tunai, FIFO, perpetual, Harga Pokok Penjualan, framework CodeIgniter

Subjek

ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE PERPETUAL FIFO, SERTA PENGELOLAAN TRANSAKSI PENJUALAN OBAT SECARA TUNAI (STUDI KASUS DI APOTEK BUNDAKU, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOGA DWI GUSTIANA SM
Perorangan
Rochmawati, Irna Yuniar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini