ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DELIVER, SERVICE AND SUPPORT (DSS) DAN MONITOR, EVALUATE AND ASSESS (MEA) (Studi Kasus: PT Sarana Jabar Ventura)

LUTHFI FADLULLAH RAMADHAN

Informasi Dasar

17.04.2558
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Sarana Jabar Ventura merupakan salah satu LKM di Jawa Barat yang berada di bawah pengawasan OJK . PT Sarana Jabar Ventura adalah perusahaan modal ventura daerah pertama di Indonesia, yang didirikan dengan tujuan untuk membina pengusaha kecil melalui pembiayaan dan bimbingan manajemen. Pembiayaan modal ventura merupakan pembiayaan yang tepat bagi skala usaha kecil menengah, karena di samping memberikan skema-skema pembiayaan yang luwes ditambah pula dengan dukungan pelatihan manajemen maupun administrasi, dalam rangka membina pengusaha kecil dan menengah untuk menjadi lebih baik. Minat UKM untuk memanfaatkan modal ventura datang dari berbagai bidang usaha seperti agribisnis, garment, kerajinan, retailer, kontraktor, dunia pendidikan, dll. Semakin berkembangnya kebutuhan bisnis, PT Sarana Jabar Ventura memiliki TI sebagai pendukung proses bisnis dalam meningkatkan value business. PT Sarana Jabar Ventura memiliki TI yang masih dikembangkan dan belum menerapkan tata kelola TI dengan framework apapun secara teknis. Maka dari itu dilakukan penelitian untuk dapat melakukan perancangan Tata Kelola TI pada PT Sarana Jabar Ventura menggunakan framework COBIT 5. COBIT 5 merupakan panduan yang digunakan dalam melakukan perancangan Tata Kelola TI bagi PT Sarana Jabar Ventura. Penelitian ini memberikan usulan tata kelola TI yang sesuai dengan konsep COBIT 5 dengan melakukan pendekatan dari produk-produk yang ada di COBIT 5 dan 7 enabler COBIT 5. Penelitian ini berfokus pada domain DSS (Deliver, Service, Support) dan MEA (Monitor, Evaluate, and Assess). Fokus penelitian ini dilakukan pada proses domain DSS02 Manage Service Requests and Incidents, DSS04 Manage Continuity, DSS06 Manage Business Process Controls dan MEA01 Monitor, Evaluate and Assess Performance and Conformance. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat membantu PT Sarana Jabar Ventura dalam menerapkan praktik tata kelola TI dikemudian hari dan juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap TI.

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DELIVER, SERVICE AND SUPPORT (DSS) DAN MONITOR, EVALUATE AND ASSESS (MEA) (Studi Kasus: PT Sarana Jabar Ventura)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUTHFI FADLULLAH RAMADHAN
Perorangan
YULI ADAM PRASETYO, RAHMAT MULYANA
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4U3 - MANAJEMEN RESIKO DAN KEAMANAN INFORMASI
  • ISH4V3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISH4W3 - MANAJEMEN DATA ENTERPRISE
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4P3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini