Aplikasi Pengukuran Tingkat Kematangan Tata Kelola Data Di Perguruan Tinggi Berbasis IBM (Studi Kasus : Universitas Telkom)

FAIQUL KURNIA MUSLIM

Informasi Dasar

17.06.557
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tata kelola data adalah pengambilan keputusan dan kewenangan untuk hal-hal yang berhubungan dengan data. Tata kelola data adalah suatu sistem hak keputusan dan akuntabilitas untuk memproses informasi yang berhubungan, dilaksanakan sesuai dengan model dan yang menggambarkan tentang siapa yang dapat mengambil tindakan apa, dengan informasi apa, kapan waktunya, dalam keadaan apa, menggunakan metode apa. Banyak cara yang ditawarkan dalam menyelesaikan permasalahan data seperti kerangka kerja tata kelola data oleh The Data Governance Institute. Manfaat dari tata kelola data adalah untuk mengelola dan memastikan ketersediaan, aksesibilitas, kualitas, konsistensi, auditabilitas, dan keamanan data dalam organisasi untuk meningkatkan data sebagai aset organisasi agar data tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan sesuai dengan tingkat kepatuhan terhadap standar data yang telah ditetapkan dan juga berisikan kemampuan untuk secara proaktif mengidentifikasi perubahan data dalam organisasi dan mengkomunikasikan perubahan-perubahan itu kepada sesuai perutukannya.Salah satu model tata kelola data adalah tata kelola data IBM. Adapun International Business Machines (IBM) mendirikan tata kelola data yang merupakan forum kepemimpinan bagi praktisi seperti pemimpin tata kelola data, pemimpin tata kelola informasi, pimpinan layanan data, arsitek data organisasi, pimpinan keamanan informasi, pimpinan manajemen resiko, pimpinan kepatuhan, dan pimpinan hak akses dan privasi. Setiap organisasi pada prinsipnya harus melakukan langkah-langkah tertentu untuk mengatur data. Kerangka kerja tata kelola data IBM dilakukan secara bertahap dan sinambung sehingga terlihat jelas siklus pembangunannya. Dalam tata kelola data IBM terdapat tahap untuk mengukur tingkat kematangan tata kelola data di institusi. Pengukuran tersebut meliputi konsep CMMI.

Subjek

DATA BASE MANAGEMENT
 

Katalog

Aplikasi Pengukuran Tingkat Kematangan Tata Kelola Data Di Perguruan Tinggi Berbasis IBM (Studi Kasus : Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAIQUL KURNIA MUSLIM
Perorangan
HANUNG NINDITO PRASETYO, WARDANI MUHAMAD
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • MI3104 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini