PENGARUH KUALITAS SISTEM, PERCEIVED USEFULNESS, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (Studi Kasus Terhadap Sistem Dashboard PDAM Tirta Raharja pada Tahun 2017)

NAUFAL HANADIA

Informasi Dasar

17.04.2373
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dashboard merupakan sistem informasi yang digunakan di PDAM Tirta Raharja untuk melihat statistik piutang yang belum tertagih, piutang yang sudah tertagih, dan tingkat persentase kefektivitas penagihan piutangnya. Sistem ini bersifat transparansi. Hal ini karyawan / pengguna dapat melihat statistik penagihan piutang pada setiap kantor cabang. Masalah umum yang dihadapi oleh PDAM Tirta Raharja terhadap dashboard adalah apabila koneksi internet yang terputus yang sehingga dashboard tidak up to date, Transaksi yang anomali, dan sebagainya. Dalam penerapan sistem dashboard penagihan piutang pada web PDAM Tirta Raharja, tidak ada unsur riwayat transaksi pada bulan sebelumnya, sehingga setiap kantor pelayanan / cabang PDAM Tirta Raharja yang ada pada dashboard tidak dapat melihat selisih piutang pada satu bulan. Permasalahan ini akan mempengaruhi pengambilan keputusan oleh pengguna yang berhubungan dengan dashboard penagihan piutang. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran nilai kepuasan pengguna dalam variabel Kualitas Sistem, Perceived Usefulness, Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Dahboard PDAM Tirta Raharja. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada karyawan PDAM Tirta Raharja. Populasi karyawan PDAM Tirta Raharja sebesar 325 orang. Sampel yang diambil sebesar 179 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa variabel kualitas sistem, perceived usefulness, kualitas informasi dan kepuasan pengguna berada pada kategori baik sebesar 80,65% yang berati menunjukan pada variabel tersebut sedangkan berdasarkan pengaruh variabel – variabel terhadap kepuasan pengguna tidak semua memiliki hasil yang positif berpengaruh. Variabel kualitas sistem tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Variabel perceived usefulness dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan kepuasan pengguna, perlu maintenance kembali informasi yang dihasilkan dan kemanfaatan sistem tersebut agar pengguna / karyawan PDAM Tirta Raharja memiliki kinerja yang produktif dan efektif.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS SISTEM, PERCEIVED USEFULNESS, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (Studi Kasus Terhadap Sistem Dashboard PDAM Tirta Raharja pada Tahun 2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL HANADIA
Perorangan
Sri Rahayu, Djusnimar Zultilisna
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini