ANALISIS STOCK SELECTION ABILITY DAN MARKET TIMING ABILITY PADA KINERJA REKSADANA SYARIAH (Studi Kasus Pada Reksadana Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode Januari – Desember 2016)

ARDI PRASETYO

Informasi Dasar

17.04.2304
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Reksadana syariah di Indonesia meningkat sangat cepat. Pertumbuhan potensialnya juga besar. Hal ini dapat terjadi selain dipicu oleh pertumbuhan ekonomi dan munculnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi, juga didorong oleh kondisi masyarakat Indonesia yang sebagian besar merupakan muslim, sehingga tidak hanya mempertimbangkan return semata tetapi juga mempetimbangkan prinsip Syariah dalam berinvestasi. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kemampuan stock selection ability dan market timing ability pada kinerja reksadana syariah periode januari 2016 sampai desember 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan manajer investasi yang memiliki produk reksadana syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan selama periode 2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 5 produk reksadana syariah yang disertakan dengan kurun waktu 12 bulan sehingga didapat 60 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan menggunakan software eviews 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan reksadana syariah memiliki kemampuan stock selection yang baik. Sedangkan untuk market timing ability hanya dimiliki oleh dua reksadana syariah yaitu Manulife Syariah Sektoral Amanah dan Trim Syariah Saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka apabila investor akan membeli reksadana syariah sebaiknya memilih manajer investasi yang memiliki kemampuan stock selection dan market timing. Sedangkan untuk manajer investasi harus meningkatkan kemampaun market timing.

Kata Kunci: Stock Selection Ability, Market Timing Ability, Kinerja Reksadana Syariah

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS STOCK SELECTION ABILITY DAN MARKET TIMING ABILITY PADA KINERJA REKSADANA SYARIAH (Studi Kasus Pada Reksadana Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode Januari – Desember 2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDI PRASETYO
Perorangan
Khairunnisa, Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini