APLIKASI PENGOLAHAN DATA DAN IMPLEMENTASI DENAH PADA PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT)

GRACELLA NUGRAHENI MUNTHE

Informasi Dasar

17.06.411
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Aplikasi Pengolahan Data Dan Implementasi Denah Pada Perpustakaan memiliki fungsionalitas yang dapat melakukan pengolahan data koleksi buku, koran dan majalah yang dapat membantu pustakawan mengetahui berapa banyak koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan. Untuk pengelolaan transaksi peminjaman dilakukan oleh anggota perpustakaan dan pustakawan, dan untuk pencetakan slip peminjaman buku anggota harus mengambilnya kepada pustakwan. Pengembalian buku dilakukan oleh pustakawan, dimana pustakawan akan mencari ID Pinjam dari anggota dan form pengembalian akan terisi otomatis saat iD Pinjam sudah didapatkan, dan dari form pustakawan dapat mengetahui berapa banyak buku yang dipinjam, tanggal kembali actual, dan jumlah denda yang harus dibayar. Dan di dalam aplikasi ini juga terdapat 2 (dua) fungsionalitas utama yaitu: fungsionalitas SMS Broadcast dan Implementasi Denah, fungsi SMS Broadcast ini dibuat agar mempermudah pustakawan dalam membangun komunikasi untuk mengingatkan anggota dalam mengembalikann buku yang sudah dipinjam dan fungsi Implementasi Denah dibuat untuk mempermudah pengunjung perpustakaan dalam mencari rak koleksi buku yang mereka cari. Pengujian pada aplikasi ini menggunakan black-box testing dimana setelah dilakukan pengujian ini semua fungsionalitas sudah sesuai, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sangat membantu pustakawan dalam pengolahan data koleksi perpustakaan, pengelolaan transaksi peminjaman buku, pencetakan slip peminjaman, pengelolaan transaksi pengembalian buku, dan membantu anggota perpustakaan dalam melakukan transaksi peminjaman.

Kata kunci: Perpustakaan, SMS Broadcast, Black-box Testing

Subjek

WEB APPLICATION
 

Katalog

APLIKASI PENGOLAHAN DATA DAN IMPLEMENTASI DENAH PADA PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GRACELLA NUGRAHENI MUNTHE
Perorangan
Dahliar Ananda, Patrick Adolf Telnoni
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini