Aplikasi Berbasis Web dan Mobile untuk Perhitungan Penyusutan dan Kapitalisasi Pemeliharaan Perbaikan Aktiva Tetap (Studi Kasus : Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Bandung)

IQBAL MAULANA

Informasi Dasar

17.06.400
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Bandung merupakan salah satu lembaga sekolah kejuruan yang dibawah dari Yayasan Pendidikan Telkom yang terletak di Jl Radio Palasari Kelurahan Citereup Kabupaten Dayeuhkolot Bandung. Dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar dalam sekolah ini memerlukan aktiva tetap yang tidak sedikit, di setiap kelas terdapat aktiva tetap sebagai penunjang pembelajaran seperti komputer, lemari, proyektor, printer dan lainnya. Yang dimana aktiva tetap tersebut tidak ada pencatatan khusus mengenai penyusutan aktiva tetap dan kapitalisasi pemakaian dan perbaikan. Perhitungan penyusutan dilakukan dengan cara taksiran umur ekonomis dari setiap aktiva tetap yang ada. Berdasarkan masalah yang sudah dijelaskan, dibangun sebuah aplikasi web yang dapat menghitung penyusutan aktiva tetap dan kapitalisasi perolehan dan perbaikan dari aktiva tersebut dan aplikasi mobile untuk mengetahui informasi dari setiap aktiva tetap. Aplikasi dibangun dengan metode waterfall dengan pengembangan SDLC serta menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP), Java, Hypertext Macro Language (HTML) dan Integrated Develovment Environment (IDE). Aplikasi ini menangani perhitungan penyusutan setiap aktiva tetap dengan menggunakan metode garis lurus, penghitungan kapitalisasi dari pemeliharaan dan perbaikan serta laporan atas kegiatan penyusutan dan kapitalisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi mengenai aktiva tetap yang ada di SMK Telkom Bandung.

Kata kunci : Aktiva Tetap, Penyusutan, Kapitalisasi, Aplikasi.

Subjek

ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web dan Mobile untuk Perhitungan Penyusutan dan Kapitalisasi Pemeliharaan Perbaikan Aktiva Tetap (Studi Kasus : Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL MAULANA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini