ANTESEDEN KEPERCAYAAN PENGGUNA PADA PENAWARAN ECOMMERCE DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP NIAT BELI (STUDI PENGGUNA E-COMMERCE PROVINSI DKI JAKARTA)

SINGGIH PRASETYO

Informasi Dasar

17.04.1595
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penetrasi pengguna internet indonesia mencapai 132,7 juta orang pada tahun 2016. Dalam perkembangan internet muncul ide bisnis yang dalam implementasinya menggunakan internet sebagai sarana jual beli barang dan atau perniagaan melalui internet yang memiliki istilah lain yaitu electronic commerce atau e-commerce, e-commerce dalam praktiknya adalah untuk memudahkan jual beli barang atau jasa antara penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka secara langsung. Melakukan perdagangan melalui e-commerce memang banyak kemudahan yang didapat namun bukan berarti terhindar dari tindak kejahatan dan kecurangan dari pihak lain, banyak potensi kejahatan yang dapat dilakukan oknum dalam penggunaan media e-commerce seperti kejahatan berupa penipuan, pembajakan kartu kredit (carding), pentransferan dana illegal dari rekening tertentu, dan lain sejenisnya. Wilayah penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta karena selain sebagai ibukota negara Indonesia, DKI Jakarta juga tercatat sebagai kota dengan pengguna internet terbanyak di Indonesia pada tahun 2013. Penelitian ini mengukur pengaruh variabel reputasi, keamanan transaksi, dan komunikasi terhadap variabel kepercayaan serta konekuensinya terhadap niat beli baik langsung maupun tidak langsung serta pengaruh kepercayaan terhadap niat beli pada pengguna e-commerce DKI. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form kepada responden sebanyak 200 responden di DKI Jakarta dengan kuesioner berjumlah 21 pertanyaan dari masing-masing variabel. Hubungan antar variabel anteseden dan konsekuensinya tersebut membentuk model persamaan struktural dan pengujian empiriknya dilakukan dengan menggunakan Lisrel 8.80. Berdasarkan hasil pengolahan data untuk melihat bagaimana hubungan antar variabel didapatkan hasil sebagai berikut yaitu reputasi dan komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, sedangkan keamanan transaksi tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan, untuk pengaruh langsung dari reputasi, keamanan transaksi, dan komunikasi tidak ada satupun yang memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli. Sedangkan, untuk pengaruh kepercayaan terhadap niat beli memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan niat beli dari perusahaan e-commerce sebaiknya lebih meningkatkan reputasi dari perusahaan ecommerce itu sendiri, komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan yang baik, dan kepercayaan dari para pengguna e-commerce. Kata kunci: e-commerce, anteseden kepercayaan, niat beli.

Subjek

Management : costomer relations
 

Katalog

ANTESEDEN KEPERCAYAAN PENGGUNA PADA PENAWARAN ECOMMERCE DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP NIAT BELI (STUDI PENGGUNA E-COMMERCE PROVINSI DKI JAKARTA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SINGGIH PRASETYO
Perorangan
Teguh Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini