KODE RAPTOR BERBASIS LOW DENSITY GENERATOR MATRIX (LDGM) UNTUK SINGLE CARRIER INTERNET OF THINGS (SC-IoT)

FADILAH NUR HIDAYAH

Informasi Dasar

17.04.1416
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas Akhir ini mengusulkan kode Raptor baru berbasis low density generator matrix (LDGM) untuk mendukung Internet of Things (IoT) yang berkomunikasi menggunakan single carrier transmission, disebut single carrier-IoT (SC-IoT). IoT merupakan teknologi masa depan yang terrealisasi dengan Machine-to-Machine (M2M) communications dan melibatkan miliaran device yang saling terkoneksi dalam Internet.

Kode Raptor adalah kode yang sederhana tetapi memiliki kemampuan koreksi yang baik. Kode Raptor dipilih dalam Tugas Akhir ini karena potensinya yang besar untuk digunakan sebagai: (i) error correction codes internal dalam setiap device, dan (ii) error correction codes dalam jaringan atau disebut network coding. Target utama Tugas Akhir ini adalah pada pengembangan Kode Raptor untuk internal device, namun tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa hasil dalam Tugas Akhir ini bisa dipakai untuk desain, analisis, dan pengembangan lanjut network coding berbasis Kode Raptor. Teknik yang diusulkan dalam Tugas Akhir ini dikhususkan untuk SC-IoT, karena single carrier transmission memiliki kelebihan berupa kesederhanaan desain sehingga sesuai untuk aplikasi yang memerlukan baterai tahan lama.

Tugas Akhir ini mengusulkan Kode Raptor untuk SC-IoT devices dengan degree distribution baru yang (sub)optimal, didapat dengan extrinsic information transfer (EXIT) analisis, sehingga performansinya mendekati Shannon limit dan menghindari pemborosan power dalam transmisi. Kode Raptor terdiri atas precode dan Kode Luby Transform (LT). Tugas Akhir ini mengusulkan precode berupa LDGM, yang kemudian disebut Kode LDGM-Raptor. Kode LDGM-Raptor ini dirancang secara (sub)optimal sehingga sesuai untuk SC-IoT dengan bit-error rate (BER), dan outage probability yang rendah tetapi throughput yang tinggi. Tugas Akhir juga ini mengevaluasi performansi Kode LDGM-Raptor dengan Shannon limit, yang diturunkan dari kapasitas kanalnya, untuk mengkonfirmasi kesesuaian dengan kebutuhan jaringan masa depan.

Kata Kunci: Internet of Things, Kode LDGM, Kode Raptor, EXIT chart.

Subjek

INFORMATION THEORY
 

Katalog

KODE RAPTOR BERBASIS LOW DENSITY GENERATOR MATRIX (LDGM) UNTUK SINGLE CARRIER INTERNET OF THINGS (SC-IoT)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADILAH NUR HIDAYAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • MA2513 - PROBABILITAS DAN STATISTIKA
  • TE3113 - SISTEM KOMUNIKASI I
  • TE3223 - SISTEM KOMUNIKASI II
  • TTG5K3 - TEORI INFORMASI DAN PENGKODEAN
  • TTI6E3 - TEORI INFORMASI DAN PENGKODEAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini