ANALISIS PENCARIAN JALUR TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA KOLONI SEMUT DENGAN TABU SEARCH METAHEURISTIC PADA GRAPHIC PROCESSING UNIT (GPU)

AHMAD HIDAYAT

Informasi Dasar

118090051
005.118
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ant Colony Optimization(ACO)Algorithm adalah teknik probabilistik untuk menyelesaikan masalah komputasi untuk menemukan jalur terbaik. ACO diobservasi berdasarkan kebiasaan dan perilaku semut sesungguhnya untuk mencari makanan.Banyak ahli yang meneliti atau merubah probabilitas menjadi metaheuristic agar dapat lebih cepat dan tepat dalam pemilihan sisi daripada hanya menggunakan probabilitas. Salah satu algoritma metaheuristic dari ACO adalah Tabu Search .
Komputasi paralel sangat dibutuhkan dalam masalah komputasi yang memiliki kompleksitas tinggi sehingga dapat dikerjakandalam waktu yang cepat.Komputasi paralel membutuhkan hardware yang memiliki kinerja tinggi dan software yang memadai untuk mengeksekusi algoritma secara parallel. Salah satu pendekatan komputasi paralel adalah Graphic Processing Unit(GPU) Computing. Pada penelitian ini akan diimpelementasikan ACO dengan tabu searchpada GPU, kemudian dianalisis variabel masukan yang berpengaruh terhadap algoritma Ant Colony dengan tabu search metaheuristic.
Setelah dilakukan penelitian dan uji statistik didapatkan hasil bahwa semua variabel (alpha(?), beta(?), maxNode(N), maxAnt(n)) sangat berpengaruh terhadap waktu komputasi dengan nilai korelasi 0,913. Dimana koefisien maxAnt(n) merupakan variabel yang paling berpengaruh dengan nilai korelasi 0,371. Jika nilai alpha(?) lebih besar dari 1 dan nilai beta(?) lebih kecil dari nilai alpha(?)maka solusi optimum lebih cepat tercapai untuk masalah jalur terpendek.
Ant Colony , Tabu Search , GPU Computing, CUDA

Subjek

VISUAL PROGRAMMING
 

Katalog

ANALISIS PENCARIAN JALUR TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA KOLONI SEMUT DENGAN TABU SEARCH METAHEURISTIC PADA GRAPHIC PROCESSING UNIT (GPU)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD HIDAYAT
Perorangan
Fitriyani, M.T; Yuliant Sibaroni , M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini