ANALISIS DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI DOMAIN ARSITEKTUR DATA CENTER PADA LEMBAGA TEKNIS PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK

Fariz Abdussalam

Informasi Dasar

116101097
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin berkembangnya teknologi informasi dapat membantu pemerintahan dapat menjalankan pelayanannya. Lembaga Teknis Kota Bandung merupakan bagian dari Pemerintahan Kota Bandung yang menjadi badan struktural pemerintah yang melayani segala kebutuhan masyarakat yang berada di wilayah Kota Bandung. Masalah yang terdapat pada Lembaga Teknis Kota Bandung adalah belum terdapatnya integrasi data dan informasi antar dinas, menyebabkan perlunya perancangan data center untuk mengintegrasikan data dan informasi.
Analisis dan perancangan arsitektur teknologi domain data center ini menggunakan metode Zachman Framework. Zachman Framework menggambarkan struktur logis untuk mengklasifikasikan dan mengorganisasi gambaran fisik sebuah Enterprise dalam dimensi yang berbeda, dimana masing-masing dimensi dapat dinilai dari berbagai sudut pandang sehingga hasil artefak sistem informasi dapat lebih rinci dan utuh. Enterprise Architecture Planning adalah serangkaian proses untuk mengisi artefak yang terdapat pada kolom Zachman Framework secara sistematis. Analisis awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendefinisian model bisnis pada Lembaga Teknis Pemerintahan Kota Bandung dengan menggunakan proses yang ada pada EAP, lalu dilanjutkan dengan perancangan arsitektur teknologi pada domain data center.
Dengan adanya data center, data dan informasi yang ada di Lembaga Teknis Kota Bandung saling terintegrasi. Proses pelayanan publik menjadi lebih cepat dan transparansi meningkat karena mudahnya mengambil data pada data center. Masing-masing dinas memiliki media penyimpanan sendiri sebagai cadangan apabila akses ke data center sedang terganggu.
Teknologi Informasi, Arsitektur Teknologi, Arsitektur Data center, Lembaga Teknis Kota Bandung, Zachman Framework

Subjek

COMPUTER ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI DOMAIN ARSITEKTUR DATA CENTER PADA LEMBAGA TEKNIS PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fariz Abdussalam
Perorangan
Adityas Widjajarto S.T.,M.T.; Umar Yunan KSH S.T.,M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini