Pengembangan Warehouse Management System Berbasis Web dengan Metode Iterative dan Incremental untuk Pengelolaan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) Menerapkan Konsep Storage Allocation

Muhammad Akfi Rizqun Aji

Informasi Dasar

116100064
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ merupakan salah satu anak perusahaan nasional dari ABC Group Company yang bergerak dalam bidang FMCG (Fast Moving Consumer Goods) yang memproduksi makanan ringan dan minuman dalam kemasan. Salah satu dari cabang PT. XYZ tersebut berada di Rancaekek, yang juga berfungsi sebagai distribution center sehingga disebut juga sebagai Rancaekek Distribution Center (RDC). Adanya delay pada aktivitas gudang, terutama dalam aktivitas order picking dan storage menyebabkan tidak optimalnya pemenuhan order dan menghambat aktivitas inbound dan outbound. Selain itu, penempatan barang yang berantakan menyebabkan terjadinya penumpukan barang yang mendekati expired.
Sistem informasi yang akan dibangun pada penelitian ini adalah Warehouse Management System (WMS) yang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Codeigniter serta metode Iterative-Incremental. WMS adalah suatu sistem informasi yang dapat membantu gudang RDC dalam mengelola aktivitas di dalam gudang terutama pada aktivitas inbound, storage dan outbound. Dalam proses perancangannya, WMS membutuhkan data-data yang di dapatkan dari hasil observasi dan wawancara langsung dengan pihak gudang RDC.
WMS ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Gudang RDC yang berupa mempercepat aktivitas inbound dan outbound dengan fitur Advance Shipment Notification (ASN), mencegah barang rusak karena telah expired dengan pengambilan barang berdasarkan First Expired First Out (FEFO) dan pengoptimalan alokasi penyimpanan barang di dalam rak. Sehingga diharapkan sistem informasi ini dapat menjadi solusi bagi permasalah pada gudang RDC.

Fast Moving Consumer Goods, Warehouse Management System, PHP web application, framework Codeigniter, Iterative-Incremental, First Expired First Out.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Pengembangan Warehouse Management System Berbasis Web dengan Metode Iterative dan Incremental untuk Pengelolaan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) Menerapkan Konsep Storage Allocation
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Akfi Rizqun Aji
Perorangan
Andika Bayu, ST., MT.; Budi Santosa, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini