Membangun Aplikasi Web Sewa Kendaraan Bermotor Berbasis Crowdsourcing Dengan Menggunakan Metode Extreme Programming

Ahsani Taqwim

Informasi Dasar

116100036
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini semakin banyak perusahaan penyewaan kendaraan bermotor yang bermunculan. Na mun se ba gian besar dari perusahaan penyewaan kendaraan bermotor tersebut masih menggunakan metode konvensional dalam h al pemesanan kendaraannya seperti melalui telepon, sms ataupun dengan m endatangi secara langsung. Pada saat penyewa kendaraan ingin melihat dan membandingkan kete rsediaan kendaraan pada satu perusahaan penyedia kendaraan dengan lainnya akan menghabiskan banyak waktu sehingga kurang efektif. Disisi lain penyedia kendaraan terkadang kesulitan dalam ha l dokumentasi aset yang dimiliki seperti penjadwalan servis kendar aan, penjadwalan dalam pembayaran cicilan dan laporan pendapatan pengeluaran perusahaan
Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun sebuah aplikasi web yang akan memudahkan penyewa kendaraan dan penyedia jasa persewaan kendaraan dalam melakukan aktivitas sewa kendaraan bermotor. Aplikasi ini akan menerapkan konsep crowdsourcing . Konsep ini merupakan pengembangan dari outsourcing dimana crowd dibutuhkan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Penerapan crowdsourcing pa da aplikasi web berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada penyedia jasa untuk mempromosikan perusahaan penyewaan kendaraan bermotor dan kepada calon penyewa kendaraan untuk memudahkan dalam mengakses dan mendapatkan informasi.
Perancangan aplikasi web ini menggunakan metode extreme programming yang memiliki 4 fase yaitu exploration, planning, iteration to realese dan productionizing . Aplikasi web dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP framework Codeigniter .
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi website dengan menerapkan konsep crowdsourcing

. Fitur

fitur pada aplikasi web ini akan membantu penyewa kendaraan dalam mendapatkan informasi mengenai ketersediaan kendaraan tanpa harus datang secara langsung ke tempat penyewaan, sedangkan untuk p enyedia kendaraan memudahkan dalam promosi kendaraan yang dimiliki, notifikasi servis berkala kendaraan, laporan aset perusahaan, laporan pengeluaran dan pendapatan perusahaan.

. crowdsourcing , sewa kendaraan bermotor, codeigniter

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Membangun Aplikasi Web Sewa Kendaraan Bermotor Berbasis Crowdsourcing Dengan Menggunakan Metode Extreme Programming
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ahsani Taqwim
Perorangan
Andika Bayu ST., MT; Taufik Nur Adi S.Kom., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini