PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA DATA PENELITIAN DOSEN IT TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN PENTAHO COMMUNITY EDITION

ARIF AHMADSYAH

Informasi Dasar

116090064
650.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Business Intelligence (BI) merupakan sistem dan aplikasi yang berfungsi untuk mengubah data-data dalam suatu perusahaan atau organisasi ke dalam bentuk pengetahuan. Institut Teknologi Telkom merupakan organisasi yang merupakan salah satu universitas yang berkembang. Dosen di lingkungan Institut Teknologi Telkom diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan penelitian. Pembentukan budaya riset adalah hal yang mutlak untuk digapai.
Namun, mayoritas Dosen belum menghabiskan cukup waktu pada dharma penelitian. Hal ini dibuktikan dari jumlah judul penelitian yang dilaksanakan oleh Dosen tahun 2012 berjumlah 35 judul penelitian. Dosen IT Telkom berjumlah 270 orang. Jumlah Dosen yang terlibat dalam 35 judul penelitian sejumlah 93 orang. Dilihat dari rasio Dosen aktif : total Dosen = 93 : 270 atau sekitar 33,3% dari Dosen IT Telkom. Maka dibutuhkan laporan yang dibuat berfungsi sebagai evaluasi keterlibatan dosen yang diberikan pada Direktur DP2M. Sehingga, dibutuhkan metode business intelligence yang dapat membantu pihak DP2M dalam pengolahan data penelitian dosen IT Telkom untuk menghasilkan reporting serta juga menghasilkan analysis.
Dalam business intelligence, data kegiatan penelitan dosen yang pengolahan datanya terpisah-pisah dapat dibuat menjadi data warehouse. Data warehouse yang dibuat nantinya akan menghasilkan reporting data kegiatan penelitian dosen IT Telkom. Selain itu juga bisa menghasilkan analytic terkait keterhubungan profil dosen dengan kegiatan penelitian dosen IT Telkom.
Dengan business intelligence, pihak DP2M sebagai admin akan lebih mudah dalam pembuatan laporan serta Direktur DP2M akan lebih mudah dalam menerima laporan dan mengevaluasi keterlibatan penelitian dosen IT Telkom. Namun, untuk penelitian berikutnya diperlukan lagi data dosen dengan ruang lingkup yang lebih besar agar hasil penelitian dapat dilakukan untuk keseluruhan Kampus dibawah YPT.
business intelligence, data warehouse, report, analytic, Penelitian, Dosen IT Telkom

Subjek

BUSINESS INTELLIGENCE-DATA PROCESSING
 

Katalog

PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA DATA PENELITIAN DOSEN IT TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN PENTAHO COMMUNITY EDITION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF AHMADSYAH
Perorangan
R. WAHYU WICAKSONO, S.T.,M.M.; MARDIYANTO WIGOYO, S.T.,M.M.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini