Membangun Sistem Mobile Learning Berbasis Java Mobile Edition Untuk Mendukung Penerapan E-University Dalam Aktivitas Belajar Mengajar Di Perguruan Tinggi Dengan Metode Iterative dan Incremental

Giovani Anggasta

Informasi Dasar

116081019
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi dengan internet tak mustahil lagi telah menjadi suatu faktor paling prioritas utama pada perkembangan kemajuan dunia. Perkembangan ini memberikan terobosan baru dalam pembelajaran mobile dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi genggam atau yang biasa disebut dengan mobile learning (m-learning). M-Learning memiliki beberapa kelebihan kemampuan untuk pembelajaran yang bisa diakses kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja. Namun di sisi lain, perangkat pembelajaran m-learning memiliki keterbatasan sumber daya dan keragaman platform sehingga diperlukan rancangan yang mampu menjamin kompatibilitas dan interoperabilitas. Walaupun dengan kekurangan yang dimiliki oleh m-learning sendiri tidak menghentikan penelitian untuk membuat sesuatu m-learning yang bernilai lebih bagi penerapan sebuah konsep e-university.

Sehingga, secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengkaji langkah pembangunan suatu aplikasi m-learning berbasiskan Java Mobile Edition dengan Apache Webservice (JSON) dan menerapkan pada arsitektur multi-tier menggunakan metode iterative dan incremental. Aplikasi yang dibangun dapat dijalankan di semua platform handphone yang minimal mendukung Java MIDP 2.0 , CLDC 1.1 dan web service JSON. Selain itu agar aplikasi dapat ditampilkan secara lebih menarik dan konsisten untuk tipe handphone apapun makan aplikasi dibuat dengan menggunakan user interface berbasis LWUIT.

Akhirnya, dari hal-hal tersebut aplikasi ini diharapakan dapat menjadi suatu aplikasi yang mendukung e-university dalam aktivitas belajar dan mengajar dengan sistem yang terintegrasi oleh Sistem E-Learning (Aplikasi Elisse). Sisten mobile learning ini akan dinamakan dengan Sistem Moli. m--learning, multimedia, mobile web service, dan Java Mobile Edition.

Subjek

EDUCATIONAL TECHNOLOGY
 

Katalog

Membangun Sistem Mobile Learning Berbasis Java Mobile Edition Untuk Mendukung Penerapan E-University Dalam Aktivitas Belajar Mengajar Di Perguruan Tinggi Dengan Metode Iterative dan Incremental
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Giovani Anggasta
Perorangan
Seno Adi Putra,S.Si,. MT; Pitrascha Adytia ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini