DESAIN DAN IMPLEMENTASI SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION MENGGUNAKAN ARDUINO DAN APLIKASI BERBASIS ANDROID

HERU PRASETYO

Informasi Dasar

115091002
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi komunikasi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Berbagai jenis alat komunikasi, seperti ponsel, dikembangkan dari sisi perangkat keras (hardware) dan dari sisi aplikasi (software). Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) adalah sistem kendali terdirstribusi berbasis komputer yang dapat digunakan untuk memonitor nilai sensor dan aktuator dan memberikan sinyal kendali pada plant. Semua data tersebut dikirim ke server untuk diolah dan ditampilkan pada komputer mini layar sentuh (touch screen) yang disebut Human Machine Interface (HMI). HMI adalah perangkat antarmuka (interface) antara manusia (human) dan mesin (machine). Dengan menggunkan HMI, operator dapat dengan mudah mengamati dan mengendalikan plant.

Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan dengan membangun sistem SCADA sederhana menggunakan board mikrokontroler Arduino sebagai kontroler dan ponsel Android sebagai HMI. Arduino diterapkan sebagai kontroler dan interface antara sensor dan aktuator. Arduino akan membaca nilai sensor LM35 (suhu) dan LDR (cahaya). Aplikasi pada ponsel Android digunakan untuk monitoring nilai sensor dan mengendalikan pin digital dan analog output dari Arduino. Platform sistem SCADA yang dibuat diterapkan pada Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN).

Penelitian ini menganalisa keberhasilan program HMI pada Android, Delay Loop yang terjadi antara ponsel Android dengan mikrokontroler Arduino dan konsumsi daya yang diperlukan. Program HMI pada Android berhasil mengendalikan Arduino dengan format data: “A1” untuk memonitor nilai sensor, “D[nomorpin][1/0]” untuk mengendalikan pin digital output, dan “WM[nilaiPWM]” untuk mengendalikan pin analog output. Pada pengujian sistem SCADA pada LAN, persentase pengiriman paket data 100% dengan ratarata Delay Loop di kisaran 0,0094 s – 0,01337 s. Sedangkan pengujian SCADA pada WAN persentase pengiriman paket data adalah 99.91% dengan rata-rata Delay Loop di kisaran 0,00871 s – 0.01334 s. Dari pengujian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sistem WAN memiliki traffic yang relatif tinggi dibandingkan dengan LAN dengan terjadinya data drop pada pengujian Digital ToggleButton. Data drop ini akan menjadi masalah jika diterapkan pada sistem yang sangat sensitif. Sehingga untuk menerapkan platform ini pada plant, harus terlebih dahulu memperhitungkan delay dan packet drop agar plant tidak menjadi chaos. Konsumsi daya yang digunakan berkisar dari 1.010 – 3.345 mW. Ini artinya penggunaan daya listrik relatif besar dan untuk menerapkannya harus menggunakan catu daya dengan kapasitas daya lebih besar daripada 3.345 mW. SCADA, HMI, Android, Arduino, LAN, WAN

Subjek

ARDUINO
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION MENGGUNAKAN ARDUINO DAN APLIKASI BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERU PRASETYO
Perorangan
M. Ary Murti; Firman Prima
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini