RANCANG BANGUN EXTENDED MODUL I/O ANALOG UNTUK PLC RAPID BERBASIS MCU ARM STM32

ICA MARISA HANIFAH

Informasi Dasar

115090032
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Programmable Logic Controller (PLC) merupakan salah satu perangkat pengendali sistem yang mudah untuk diprogram dan banyak digunakan oleh industri di dunia. Penggunaan PLC di lingkungan industri biasanya membutuhkan banyak sensor sebagai masukan dan aktuator sebagai keluaran. Masukan dan keluaran yang digunakan tersebut membutuhkan suplai tegangan yang beragam, bisa beruapa tegangan analog maupun tegangan digital. Sehingga akan membutuhkan penggunaan extended modul I/O untuk menambah kekurangan jumlah masukan dan keluaran dari PLC utamanya tersebut.

Extended modul I/O analog adalah suatu modul yang digunakan untuk menambah kapasitas dan jumlah masukan/keluaran analog pada suatu PLC utama. Extended modul I/O analog ini terdiri dari ADC (Analog to Digital Converter), Mikrokontroler, dan DAC (Digital to Analog Converter). Extended modul I/O analog yang dirancang berbasis MCU ARM STM32.

Extended modul I/O analog dalam perancangan tugas akhir ini mempunyai spesifikasi 4 analog input dengan level tegangan 0 – 5V, dan 2 analog output dengan level tegangan 0 – 5V. Extended modul I/O analog menggunakan catu daya yang berasal dari PLC utama sebesar 3,3V, dan 5V. Nilai error akurasi dari ADC internal mikrokntroler STM32F103RET6 sebesar 6,82927 %. Pada akhir implementasi, DAC MCP4922 tidak dapat berjalan dengan baik. Programmable Logic Controller (PLC), Extended modul I/O analog, STM32

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

RANCANG BANGUN EXTENDED MODUL I/O ANALOG UNTUK PLC RAPID BERBASIS MCU ARM STM32
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ICA MARISA HANIFAH
Perorangan
M. Ary Murti, ST., MT.; Agung Nugroho Jati, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini