Perancangan Dan Implementasi Kontrol Posisi Turret Berbasis Mikrokontroler Dengan Menggunakan Joystcik

Fakhryiman Prawira

Informasi Dasar

115080105
629.89
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada kendaraan perang biasanya akan ditemukan tempat untuk penembak jitu di bagian atas kendaraan tersebut. Tempat tersebut adalah ancaman bagi penembak jitu dan sasaran empuk bagi musuh. Karena penembak merupakan posisi yang krusial, akhirnya muncul sebua h ide yang intinya adalah membuat penembak menjadi aman dengan posisinya di dalam kendaran dan dengan leluasa bisa membidik targetnya. Dengan memisahkan turret penembak dengan penembaknya maka kemungkinan penembak akan menjadi sasaran empuk bisa dikurangi dan akan menjadi keunggulan di medan peperangan.
Semakin berkembangnya ilmu teknik otomasi maka memisahkan turret dengan penembaknya bisa dilakukan. Dengan mem buat joystick yang berada di dalam kendaraan bisa mengurangi kelemahan posisi penembak yang berada di luar menjadi di dalam kendaraan. Joystick ini berfungsi sebagai pengendali turret dan mengharahkan bidikan kepada target yang biasanya dilakukan oleh pene mbak secara manual. Joystick juga berfungsi sebagai masukan yang nantinya akan memberikan nilai referensi untuk diproses di mikrokontroler dan akan dilanjutkan untuk menggerakan motor DC sebagai pengendali turret tersebut. Dengan pengontrolan PID diharapka n bisa menjadi metode pengendalian posisi yang tepat untuk turret ini.
Hasil tugas akhir ini berupa turret yang mampu menuju ke posisi awal,

yaitu posisi tengah dalam waktu rata

rata 0,81 detik untuk motor DC sumbu x dan

waktu rata

rata 3,61 detik untuk mo tor DC sumbu y. Dan motor juga bisa bergerak dengan baik sesuai dengan penambahan set point dari analog joystick baik itu secara vertikal, horizontal ataupun diagonal.
kontrol posisi , analog joystick , mikrokontroller, PID , turret , feedback

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Kontrol Posisi Turret Berbasis Mikrokontroler Dengan Menggunakan Joystcik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fakhryiman Prawira
Perorangan
Erwin Susanto; M. Sarwoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini