Desain dan Implementasi Pengendali Peralatan Listrik Berbasis Wireless IEEE 802.11 Menggunakan WIZFI210

Endres Felansa

Informasi Dasar

115071004
384.544 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan peralatan listrik untuk kebutuhan hidup sehari-hari baik itu dirumah ataupun dikantor semakin meningkat dari waktu ke waktu dengan berbagai macam inovasi baru dihadirkan. Hal ini disebabkan karena pesatnya perkembangan teknologi pada zaman sekarang yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan semakin meningkatnya penggunaan peralatan listrik setiap harinya, maka dibutuhkan suatu inovasi pengendalian yang bertujuan untuk mempermudah tugas manusia.
Pada tugas akhir ini akan dikembangkan suatu sistem pengendali nirkabel lup tertutup untuk peralatan listrik menggunakan modul wireless wizfi210 yang telah memiliki sistem keamanan WEP, WPA, WPA2-PSK pada access point-nya. Sehingga pengontrolan dapat dilakukan pada jarak jauh dengan tingkat keamanan yang bisa diandalkan. Sistem lup tertutup yang dikembangkan pada tugas akhir ini bertujuan agar sistem mampu mengirimkan sinyal feedback untuk mendeteksi keadaan beban/peralatan listrik dalam kondisi baik atau tidak. Adapun Human Machine Interface yang digunakan adalah aplikasi berbasis Android dan mikrokontroler ATmega 8535 sebagai pengendali serta triac sebagai saklar elektroniknya.
Dari hasil pengukuran yang dilakukan terhadap sistem, didapatkan bahwa dengan arsitektur yang dibuat, round trip time delay antara Android device sebagai Human Machine Interface dengan mikrokontroler sebagai pengendali adalah rata-rata sebesar 171.718 ms untuk kontrol satu proses eksekusi. Pada pengukuran arus gate triac diperoleh arus gate minimal untuk men-drive beban AC dengan kemampuan maksimal adalah ± 1.405 mA, sedangkan pada saat arus gate ? 0.700 mA beban mati.
Sistem kendali, Lup Tertutup, Wizfi210, Mikrokontroler, Triac, Aplikasi Android.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION SYSTEM
 

Katalog

Desain dan Implementasi Pengendali Peralatan Listrik Berbasis Wireless IEEE 802.11 Menggunakan WIZFI210
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Endres Felansa
Perorangan
M. Sarwoko; Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini