ANALISIS PROSES KLEPTODATA PADA SISTEM OPERASI ANDROID 2.3 GINGERBREAD

Muhammad Faris Ruriawan

Informasi Dasar

114092001
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Android merupakan sistem operasi mobile dengan peningkatan jumlah pengguna paling pesat. Pesatnya pengembangan jumlah pengguna menyebabkan menyebabkan Android semakin menjadi target untuk serangan keamanan. Serangan keamanan yang dapat dilakukan antara lain pencurian data yang memanfaatkan kelemahan pada Android. Pada tugas akhir ini dilakukan analisis proses pencurian data (kleptodata) pada Android 2.3 Gingerbread dan mengimplementasikannya melalui aplikasi malware yang mengeksploitasi beberapa kelemahan yang ditemukan pada Android.

Sistem yang dibangun dalam tugas akhir ini memanfaatkan kelemahan pada sistem operasi Android dimana aplikasi yang telah terpasang dapat diizinkan untuk mengunduh dan memasang aplikasi lain yang dapat berjalan di belakang latar. Kelemahan lain yang dimanfaatkan adalah kombinasi sistem permission dan fitur inter-application communication pada Android. Kelemahan tersebut dimanfaatkan dengan menggunakan sebuah sistem yang terdiri dari dua aplikasi yang berfungsi untuk mencuri data, menyimpannya, serta mengirim data ke server. Kedua aplikasi juga mendeteksi keberadaan satu sama lain. Jika salah satu aplikasi diuninstal, aplikasi yang lain pada sistem akan mengunduh dan menginstal kembali aplikasi yang diuninstal, sehingga proses pencurian data tidak terputus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang digunakan untuk melakukan pencurian data berjalan dengan baik, dengan SMS pada perangkat dapat diambil dan dikirimkan menuju server. Proses pendeteksian juga berjalan dengan baik. Hingga waktu pengujian aplikasi pada Mei 2014, aplikasi tidak terdeteksi oleh beberapa antivirus yang banyak digunakan pada umumnya. Tetapi sistem penyamaran yang digunakan oleh aplikasi masih kurang sempurna, karena masih belum sesuai dengan permission yang digunakan serta fungsi yang diharapkan. Android, Keamanan, Kleptodata, Malware

Subjek

ANDROID PROGRAMMING
 

Katalog

ANALISIS PROSES KLEPTODATA PADA SISTEM OPERASI ANDROID 2.3 GINGERBREAD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Faris Ruriawan
Perorangan
Yudha Purwanto; Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini