Penerapan Sistem Inferensi Fuzzy Logic Untuk Menentukan Peambilan Keputusan AI Pada Gme Turn-Based Strategy"Gerilya"

Rado Alansura

Informasi Dasar

114091006
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi game tidak lepas dari kecerdasan buatan (artificiall intelligence).Kecerdasan buatan merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin(komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer yang dimungkinkan untuk dapat berfikir.Berdasarkan perkembangan game pada saat ini,maka tidak dipungkiri bahwa dibutuhkan sesuatu rule atau game play yang berbeda pada permainanya.Hal ini sangat berkaitan dengan kecerdasan buatan (artificiall intelligence) yang diterapkan pada game dengan cara pembuatanya menggunakan fuzzy logic.

Pada permainan game ‘Turn-Based Strategy “ bertujuan untuk menentukan keputusan pada game-play yang tujuan akhirnya adalah mengalahkan raja lawan. Permainan yang dimainkan sederhana yaitu merencanakan jalur efisien yang melintasi antara titik dan termasuk bagus dalam kinerja dan akurasi setelah itu ketika jalur mempertemukan kedua lawan,maka akan muncul gelanggang yang pada saat itu akan dilakukan pertarungan antar petarung dalam game.Pada tugas akhir ini penulis menganalisa penggunaan fuzzy logic pada pergerakan AI di game strategi berbasis giliran (Turn-Based Strategy) yang diberi nama “Gerilya”. Penerapan algoritma fuzzy logic ini diharapkan AI bisa menentukan pengambilan keputusan terbaik dalam game play.<br>

Pada tugas akhir ini penulis membuat sebuah game “Turn-Based Strategy” berbasis kecerdasan buatan (artificiall intelligence) dengan menggunakan metode pengambilan keputusan fuzzy logic.Penerapan algoritma ini menggunakan Unity yang merupakan perangkat lunak untuk pengembangan game. Untuk pembuatan game ini penulis menggunakan bahasa pemrograman C#dari Unity.<br> 

Kata Kunci : Fuzzy Logic,Turn-Based Strategy,Unity,C#

ABSTRACT

Technological development can not be separated from the game artificial intelligence . Artificial intelligence is one part of the computer science making machine computer can do the job like a human and a computer that is possible to be berfikir. Based on game development at this time , it is not denied that the rule needed something or play a different game on this game. strongly related to artificial intelligence is applied to the game in a way pembuatanya using fuzzy logic .

In the game “ Turn - Based Strategy “ aimed to determine the game -play decisions on the eventual goal is to defeat the king NPC. The game played simply to plan efficient paths that cross between and including the point of good in performance and accuracy after that when the path to bring the two opponent , it would appear that at the time the arena will be a fight between fighter in game.Pada this thesis the author analyzed the use of fuzzy logic in the movement of AI in a turn based strategy game turn - based Strategy which was given the name"Gerilya" . The application of fuzzy logic algorithm is expected to AI can determine the best decision in the game play .

In this final test the author make a game” Turn - Based Strategy “ based on artificial intelligence by using fuzzy decision-making method using Unity logic. Application this algorithm which is software for game development . For making this game authors use the programming language C # of Unity .

Fuzzy Logic,Turn-Based Strategy,Unity,C#

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

Penerapan Sistem Inferensi Fuzzy Logic Untuk Menentukan Peambilan Keputusan AI Pada Gme Turn-Based Strategy"Gerilya"
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rado Alansura
Perorangan
Muhammad Nasrun, ; Fairuz Azmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini