Implementasi dan Analisis Performansi MySQL Shared-Nothing Cluster pada Jaringan berbasis EoIP (Studi Kasus Intranet IT Telkom)

Saesar Dwi Pratama

Informasi Dasar

114090101
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada dasarnya, computer cluster adalah sekumpulan entitas komputer independen, yang satu sama lainnya saling bekerja sama untuk bisa menghasilkan sebuah output dari sebuah permasalahan tertentu (input). Pada referensi lainnya, computer cluster adalah sebuah disiplin ilmu yang mengupayakan sekumpulan komputer dapat dilihat sebagai sebuah satu kesatuan.Pada penerapannya saat ini, computer cluster menjadi satu hal yang sangat penting bagi kelangsungan era informasi. Berbagai pengaplikasiannya mulai dari dunia medis, astronomi, media sosial, hingga hiburan (entertainment) membuat disiplin ilmu ini terus berkembang secara eksponensial.
Salah satu pengaplikasian computer cluster yang paling populer saat ini adalah pada bidang basis data (database), dimana pertumbuhan volume data dunia jauh melebihi dari apa yang telah diprediksikan sebelumnya. Tantangan ini dapat terjawab dengan salah satu solusi teknik database cluster, yaitu MySQLCluster.
Desain MySQL cluster yang berjalan diatas jaringan EoIP ini dapat melakukan keseluruhan fungsionalitasnya dengan normal. Hasil pengukuran nilai benchmarking dari sysbench dapat merepresentasikan performa dari desain ini, yaitu jumlah rata-rata transaksi per detik adalah 202,41, jumlah rata-rata baca-tulis request per detik adalah 3836,41, rata-rata waktu minimal yang dibutuhkan untuk mengeksekusi satu request adalah 35,78 milisekon, dan rata-rata waktu maksimal yang dibutuhkan untuk mengeksekusi satu request adalah 2794,32 milisekon.
MySQL Cluster, Shared-Nothing Cluster, EoIP

Subjek

COMMUNICATION NETWORKS
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Performansi MySQL Shared-Nothing Cluster pada Jaringan berbasis EoIP (Studi Kasus Intranet IT Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Saesar Dwi Pratama
Perorangan
Muhammad Nasrun.; Burhanuddin Dirgantara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini