Asynchronous Island Model Informed Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Kuliah level Mahasiswa (studi kasus Telkom Engineering School)

oku dewi noviyantika putri

Informasi Dasar

113128348
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permasalahan Penjadwalan merupakan permasalahan yang kompleks dan terjadi berulang sebagai kegiatan administratif fakultas setiap semester nya. Penjadwalan menjadi kompleks dikarenakan terdapat kondisi keterkaitan constraint nya yang harus dipenuhi. Terdapat hard constraint yang merupakan kondisi yang harus dapat dipenuhi suatu jadwal serta soft constraint yang menjadi ukuran baiknya suatu jadwal dengan sejauh mana suatu jadwal dapat memenuhi soft constraint nya. Pada tugas akhir ini, permasalahan penjadwalan kuliah diselesaikan dengan metode Asynchronous Island model Informed GA .
Universitas Telkom telah menggunakan Informed GA (IGA) sebagai metode penjadwalannya. Namun metode tersebut memiliki masalah pada lamanya waktu eksekusi. Oleh karena itu diperlukan metode optimasi yang menunjangnya yaitu dengan Island model Informed GA yang akan menjalankan proses-proses menjadi banyak blok proses. Dengan cara tersebut, diharapkan proses mencapai hasil terbaik menjadi lebih ringan sehingga waktu eksekusi menjadi lebih cepat.
penjadwalan kuliah, Algoritma Genetika (GA), Island model Genetic Algorithm, Timetabling, Hard Constraint , Soft Constraint .

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Asynchronous Island Model Informed Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Kuliah level Mahasiswa (studi kasus Telkom Engineering School)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

oku dewi noviyantika putri
Perorangan
JONDRI, MSi; Alfian Akbar Gozali, ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini