Implementasi Metode K-Nearest Neighbor pada Pendeteksian Spam Opinion (Junk Post) dalam Forum

Yudhi Nugroho Adi

Informasi Dasar

113118032
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masalah utama dari sebuah forum adalah adanya pengguna yang sering mengomentari suatu thread atau topik tetapi apa yang dikomentari tidak berguna atau tidak berhubungan sama sekali dengan isi thread atau topik tersebut. Komentar atau postingan seperti ini dikenal dengan junk post. Banyak sekali kerugian akibat adanya junk post, diantaranya adalah menambah halaman topik tersebut yang mengakibatkan user lain sulit untuk membaca seluruh topik serta menambah waktu membaca forum, mengubah arah pembicaraan sehingga bisa berkembang junk post lainnya dari user lain, pokok topik yang penting bisa dikaburkan oleh junk post sehingga ada beberapa hal yang terlewat, dan berbagai macam masalah lainnya.
Untuk itulah penilitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan suatu postingan atau komentar termasuk junk atau tidak, sehingga diharapkan kedepannya dapat mengurangi junk post pada forum internet. Metode yang akan digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor untuk pengklasifikasian teks. Dalam penerapannya, dilakukan juga pembobotan postingan dengan tf-idf dan untuk menghitung nilai similarity dari postingan yang ada dengan thread atau topik yang berkaitan menggunakan Pearson Correlation Distance.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai f1-measure yang didapat untuk skenario pengujian 1 adalah 70.71% dengan jumlah k=93, untuk skenario pengujian 2 adalah 70.00% dengan jumlah k=61, dan untuk skenario pengujian 3 adalah 71.72% dengan jumlah k=41. Pada masing-masing skenario, f1-measure yang lebih baik dihasilkan ketika tidak menggunakan stop word removal. Hal ini di karenakan postingan dalam forum bersifat tidak baku dan memiliki kata yang sangat variatif sehingga kurang cocok apabila stop word removal digunakan pada penelitian ini.
text classification, junk post, k-nearest neighbor, pearson correlation distance, tf-idf.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Implementasi Metode K-Nearest Neighbor pada Pendeteksian Spam Opinion (Junk Post) dalam Forum
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yudhi Nugroho Adi
Perorangan
Ade Romadhony, S.T., M.T.; Rita Rismala S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini