Analisis dan Implementasi Pengenalan Jenis Kendaraan dengan Menggunakan Transformasi Wavelet dan Probabilistic Neural Network (PNN)

Elfa Fatiah

Informasi Dasar

113118005
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanfaatan CCTV untuk memantau kondisi jalan raya sudah banyak dilakukan, salah satunya oleh pihak Jasamarga. Dari penggunaan CCTV tersebut akan menghasilkan video atau gambar bergerak yang mampu memberikan informasi mengenai kondisi jalan raya, sehingga pihak Jasa Marga mampu mengamati kondisi jalan tol secara langsung dan mampu mengetahui jenis kendaraan yang melintasi jalan tertentu. Permasalahan yang terjadi adalah untuk mengetahui jumlah jenis kendaraan yang melintasi jalan tertentu, diperlukan pengamatan untuk mengenali jenis kendaraan tertentu, sehingga diperlukan sistem yang mampu mengenali jenis kendaraan secara otomatis dari video tersebut.

Pada tugas akhir ini dibangun suatu sistem yang mampu mengklasifikasikan jenis kendaraan yang terekam oleh kamera di jalan tol. Data yang diperoleh dari hasil perekamanakan diproses sehingga mampu mengklasifikasi jenis kendaraan dengan memanfaatkan metode transformasi haar wavelet dan Probabilistic Neural Network (PNN).

Dengan implementasi metode tersebut, sistem dapat mengenali jenis kendaraan yang dikelompokkan ke dalam 2 kelas jenis kendaraan.Klasifikasi tersebut yaitu kelas kendaraan kecil dan kelas kendaraan besar. Dari hasil pengujian sistem tersebut didapat akurasi tertinggi sebesar 86.71%. CCTV, video, kendaraan, jalan tol, transformasi wavelet, Probabilistic Neural Network

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Pengenalan Jenis Kendaraan dengan Menggunakan Transformasi Wavelet dan Probabilistic Neural Network (PNN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Elfa Fatiah
Perorangan
Bedy Purnama. S.Si., MT; Mahmud Imrona, DRS. MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini