Analisis dan Implementasi Prototipe Sistem Keamanan Ruangan Berbasis Sensor Gerak Menggunakan Jaringan Sensor Nirkabel (IEEE 802.15.4)

Yosua Helrisa Mahendera

Informasi Dasar

113100068
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aksi pencurian yang terjadi selain dapat menyebabkan kerugian secara materi juga menyebabkan kerugian mental bahkan jiwa.Kebanyakan aksi pencurian terjadi karena kesalahan masyarakat sendiri yang kurang berhati-hati.Tindakan-tindakan preventif pun dilakukan oleh masyarakat.Walaupun demikian, masih tetap saja ada aksi pencurian yang terjadi disekitar masyarakat.Sebuah sistem yang dapat memantau keadaan rumah atau ruangan dirasa perlu untuk dibuat. Kemampuan yang harus dimiliki sistem yaitu sistem dapat memberitahu keadaan suatu ruangan atau tempat secara real time kepada pengguna sistem. Adanya teknologi WSN (Wireless Sensor Network) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif teknologi yang digunakan untuk membangun sistem tersebut.

Penggunaan sensor gerak pada sistem keamanan ruangan dengan menggunakan teknologi WSN dengan standar IEEE 802.15.4 dapat memberikan informasi yang valid, meskipun ukuran datanya relatif kecil, sehingga data dapat dikirim dengan cepat dari sensor node ke server, kemudian diteruskan ke smartphone yang ber-platform Android.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, jarak optimal sensor gerak yang digunakan untuk mendeteksi yaitu sejauh delapan meter.Sistem yang menggunakan WSN, dengan karakteristik penggunaan daya yang rendah, lebih cocok menggunakan XBee S1 karena konsumsi dayanya lebih kecil dibanding WiFi. Penggunaan APC 220 tidak cocok pada sistem karena bukan merupakan standar WSN dan lebih cocok untuk telemetri. Rata-rata delaydari sensor nodeke serversebesar 10,95 ms masih bisa diterima karena masih dibawah batas maksimal yang diperbolehkan, yaitu 100 ms. Nilai delay dari sensor node ke end user memenuhi standar karena masih dibawah batas maksimal yang diperbolehkan, yaitu 400 ms. Wireless Sensor Network, sistem keamanan ruangan, IEEE 802.15.4, sensor gerak, Android

Subjek

SENSOR
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Prototipe Sistem Keamanan Ruangan Berbasis Sensor Gerak Menggunakan Jaringan Sensor Nirkabel (IEEE 802.15.4)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yosua Helrisa Mahendera
Perorangan
Vera Suryani, S.T., M.T.; Hilal Hudan Nuha, S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini