Analisa Kekuatan Algoritma DNA Kriptografi berbasis One Time Pad (OTP)

FM. Vivient Rahmadhoni

Informasi Dasar

113090241
518.172
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, pengembangan ilmu pengetahuan pada bidang kriptografi telah menemukan ranah baru dimana ditemukannya kombinasi antara bidang biologi dan kriptografi yang memadukan sifat-sifat DNA dan enkripsi menjadi sebuah bentuk baru yang disebut DNA Kriptografi. DNA kriptografi merupakan ranah baru dari bidang kriptografi yang didasari oleh riset mengenai DNA komputasi dan teknologi baru yaitu : PCR (Polymerase Chain Reaction), microarray, dll. DNA kriptografi menggunakan sifat-sifat DNA untuk mengenkripsi sebuah plaintext. Pada penerapannya diusulkan sebuah metode untuk mengimplementasikan DNA kriptografi yaitu menggunakan metode One time Pad.
Algoritma DNA berbasis One Time Pad (OTP) ini akan implementasikan, menggunakan dua prosedur algoritma klasik yaitu vigenere chipher(XOR) dan subtitution table. Permasalahannya adalah kedua algoritma klasik ini sudah sangat mudah dipecahkan menggunakan metode kasisi test (untuk algoritma vigenere chipher(XOR)) dan analisis frekuensi (untuk algoritma subtitution table). Pada tugas akhir ini, DNA Kriptografi berbasis One Time Pad akan diperkuat mengunakan random generator BBS untuk mengatasi permasalahan kasisi test dan analisis frekuensi.
Pada pengujian yang dilakukan DNA Kriptografi tahan terhadap kedua attack diatas dan memiliki nilai Avalanche Effect mendekati optimal yaitu 53,03%. Namun dari penggunaan memori, hasil enkripsi memiliki besar data hampir 3 kali lipat dari plaintext awal. Serta memiliki waktu eksekusi yang lebih lama dari sistem originalnya.
Kriptografi, One-Time-Pads, DNA Kriptografi, Vigenere chipher(XOR), Subtitution table

Subjek

ALGORITHM ANALYSIS
 

Katalog

Analisa Kekuatan Algoritma DNA Kriptografi berbasis One Time Pad (OTP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FM. Vivient Rahmadhoni
Perorangan
Ari M Barmawi Ir., Msc., PhD.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini