Implementasi dan Analisis Penggunaan IPSec pada Tunnel IPv6-over-IPv4

Ridwan saputra

Informasi Dasar

113090234
621.389 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

IPv6-over-IPv4 tunnel merupakan salah satu mekanisme transisi yang digunakan untuk membantu proses migrasi dari IPv4 ke IPv6. Mekanisme ini digunakan sebagai salah satu cara dalam mengatasi belum siapnya infrastruktur yang ada dalam menanggapi proses migrasi ini. IP Security (IPSec)adalah salah satu contoh protokol yang dapat mengamankan tunnel tersebut. Penggunaan protokol ini akan berdampak kepada performansi jaringan dalam pengiriman paket data.
Skenario tunneling yang digunakan adalah host-to- host dengan menerapkan mode transport dalam penggunaan IPSec. Sistem akan dibagi menjadi dua, yaitu tunnel tanpa IPSec dan tunnel dengan IPSec. Setiap sistem akan dilakukan pengujian menggunakan pengiriman paket ICMP untuk mengamati besar overhead dan video streaming untuk mengamati perubahan performansi. Pengamatan terhadap performansi dilakukan dengan mengamati throughput, delay, dan packet loss dengan melakukan lima kali percobaan
Performansi dari sistem yang menggunakan IPSec ternyata mengalami penurunan pada throughput, delay, dan packet loss dari sistem tanpa IPSec. Penggunaan protokol AH dan ESP secara bersamaan mengakibatkan perubahan paling besar. Penyebabnya adalah overhead yang dihasilkan oleh penggabungan kedua protokol tersebut lebih besar daripada penggunaan masing-masing protokol. Perbedaan overhead ini berpengaruh terhadap throughput yang dihasilkan. Selain itu, adanya proses enkripsi dan dekripsi dalam pengiriman paket data akan berpengaruh terhadap delay dan packet loss yang dihasilkan IPv6 - over - IPv4 tunnel , IPSec, AH, ESP, overhead , troughput , delay , packet loss , video streaming .

Subjek

Security - networks
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Penggunaan IPSec pada Tunnel IPv6-over-IPv4
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ridwan saputra
Perorangan
Tri Brotoharsono, Ir., M.T.; Gandeva Bayu Satrya, S.T ., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini